Mengapa Shopee Indonesia Tutup Lapak Luar Negeri? Simak Keterangannya

Mengapa Shopee Indonesia Tutup Lapak Luar Negeri? Simak Keterangannya

Mengapa Shopee Indonesia Tutup Lapak Luar Negeri? Simak Keterangannya--radarkaur.co.id

Mengapa Shopee Indonesia Tutup Lapak Luar Negeri? Simak Keterangannya

JAKARTA, RADARKAAUR.CO.ID - Secera tiba-tiba Shopee Indonesia mengumumkan penutupan lapak untuk penjualan produk dari luar negeri atau crossborder.

Penghentian penjualan produk dari penjual asal luar negeri itu secara resmi sudah dimulai Rabu 4 Oktober 2023 pukul 22.00 WIB

Langkah yang dilakukan oleh pihak Shopee Indonesia itu merupakan kebijakan penyesuaian berdasarkan Peraturan Menteri Perdagangan No 31/2023 revisi dari peraturan sebelumnya yakni Peraturan Menteri Perdagangan No 50/2020.

BACA JUGA:Ini Deretan Kontroversi yang Menyeret Ketua KPK Firli Bahuri, Mulai Bertemu TGB hingga Dugaan Pemerasan SYL

BACA JUGA:Di tengah Isu Pemerasan Oknum Pimpinan KPK, Beredar Foto Pertemuan Firli Bahuri dan SYL

"Untuk itu kami sampaikan bahwa secara resmi Shopee Indonesia telah mengentikan penjualan produk dari penjual asal luar negeri/ crossborder. Dimulai Rabu, 4 Oktober 2023, pukul 22.00 WIB," terang Head of Public Policy Shopee Indonesia, Radityo Triatmojo dalam keterangan resminya dikutip Jumat 6 Oktober 2023.

Disampaikan juga selama ini produk crossborder tidak bersaing secara langsung dengan produk UMKM. Diakuinya bahwa selama ini transaksi crossborder tersebut hanya ada 1 persen.

Shopee Indonesia sebelumnya juga sudah menutup 14 kategori produk crossborder yang bersaing dengan produk UMKM tahun 2021 sesuai dengan arahan Kementerian Koperasi dan UMKM.

Radityo juga menyampaiakan bahwa selama ini mekanisme crossborder dilakukan sesuai dengan proses dalam peraturan perundangan yang ada termasuk terkait perpajakan.

BACA JUGA:Mengapa Diberi Nama Pepaya California, Padahal Ternyata Produk Asli Indonesia, Simak juga Khasiat Pepaya

BACA JUGA:Pengen jadi Orang Kaya tanpa Korupsi? Ini Tips Budidaya Pepaya California Ala Petani Milenial Indonesia

"Produk yang dijual lewat crossborder di Shopee sebelum ditutup itu bukanlah produk yang bersaing langsung dengan produk UMKM. Sebab yang bersaing dengan UMKM sudah ditutup sejak 2021 lalu," tambahnya dalam keterangan.

Ditegaskannya bahwa Shopee Indonesia sempat membuka crossborder dengan tujuan agar produk lokal dari UMKM bisa memiliki kesempatan yang sama untuk bisa mengakses pasar ekspor secara langsung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: