19 Desa Tertinggal di Kabupaten Kaur

Kamis 29-09-2022,10:04 WIB
Reporter : Redaksi Harian RKa
Editor : Redaksi Harian RKa

"Untuk Desa Kepala Pasar itu sudah tercatat sebagai Desa Mandiri. Karenanya beberapa waktu lalu desa ini menerima reward dari Kemendes-PDTT RI," terangnya.

BACA JUGA: Kenaikan HET Elpiji 3 Kg Ditolak, Ini Pertimbangan Pemda Kaur

Diterangkannya, IDM sendiri merupakan Indeks Komposit yang dibentuk berdasarkan tiga indeks. Yaitu Indeks Ketahanan Sosial, Indeks Ketahanan Ekonomi dan Indeks Ketahanan Ekologi atau Lingkungan.

Desa Sangat Tertinggal atau Desa Pratama adalah Desa yang mengalami kerentanan karena masalah bencana alam, goncangan ekonomi, dan konflik sosial.

Sehingga tidak berkemampuan mengelola potensi sumber daya sosial, ekonomi, dan ekologi, serta mengalami kemiskinan dalam berbagai bentuknya.

Desa kategori ini memiliki Indeks Desa Membangun kurang dan lebih kecil (=) dari 0,4907.

BACA JUGA: Identitas Pemilik Kayu Meranti 25 Kubik warga Padang Guci Hulu Berinisial I...

Sedangkan Desa Tertinggal atau yang disebut Desa Pra-Madya adalah Desa yang memiliki potensi sumber daya sosial, ekonomi, dan ekologi tetapi belum, atau kurang mengelolanya dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa, kualitas hidup manusia serta mengalami kemiskinan dalam berbagai bentuknya.

Desa kategori ini memiliki Indeks Desa Membangun kurang dan sama dengan (=) 0,5989 dan lebih besar (>) dari 0,4907.

Desa Berkembang atau yang disebut Desa Madya adalah Desa potensial menjadi Desa Maju, yang memiliki potensi sumber daya sosial, ekonomi, dan ekologi tetapi belum mengelolanya secara optimal untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa, kualitas hidup manusia dan menanggulangi kemiskinan.

Desa kategori ini memiliki Indeks Desa Membangun kurang dan sama dengan (=) 0,7072, dan lebih besar (>) dari 0,5989.

BACA JUGA: BREAKING NEWS: Truk Sawit Tabrak Ayah dan Anak hingga Tewas, Sopirnya Asal Kaur

Desa Maju atau yang disebut Desa Pra-Sembada adalah Desa yang memiliki potensi sumber daya sosial, ekonomi dan ekologi, serta kemampuan mengelolanya untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa, kualitas hidup manusia, dan menanggulangi kemiskinan.

Desa Maju atau Desa Pra-Madya adalah Desa yang memiliki Indeks Desa Membangun kurang dan sama dengan (=) 0,8155, dan lebih besar (>) dari 0,7072.

Terakhir, Desa Mandiri atau Desa Sembada adalah Desa Maju yang memiliki kemampuan melaksanakan pembangunan Desa untuk peningkatan kualitas hidup dan kehidupan sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat Desa dengan ketahanan sosial, ketahanan ekonomi, dan ketahanan ekologi secara berkelanjutan.

Desa Mandiri atau Desa Madya adalah Desa yang memiliki Indeks Desa Membangun lebih besar (>) dari 0,8155. 

Kategori :

Terkait

Kamis 29-09-2022,10:04 WIB

19 Desa Tertinggal di Kabupaten Kaur

Terpopuler