Pada bulan Maret 2020, jurnal Science and Technology menerbitkan analisis solusi teknis yang diterapkan di Produk 30. Artikel tersebut melaporkan bahwa sistem pengapian bebas oksigen dipasang pada injektor modern, yang memastikan penyalaan bahan bakar segera setelah memasuki ruang bakar.
Berkat pendekatan ini, mode pembakaran optimal dipertahankan dan apa yang disebut suar dihilangkan - keluarnya kolom api dari nosel karena kelebihan bahan bakar di ruang bakar. Dengan demikian, visibilitas pesawat tempur dalam rentang gelombang inframerah dan radio akan berkurang secara signifikan.
Selain itu, mesin tahap kedua dilengkapi dengan nosel baru dengan fungsi kontrol vektor dorong, yang ukurannya jauh lebih kecil daripada yang digunakan sebelumnya.
Pada November 2023, Rostec melaporkan Su-57 sedang menjalani uji terbang dengan mesin tahap kedua.
“Teknologi paling modern sedang diperkenalkan ke dalam mobil. Artinya, efektivitasnya terus meningkat. Sedangkan untuk pembangkit listrik, pesawat Su-57 diadaptasi untuk menggunakan mesin tahap pertama dan kedua,” kata layanan pers perusahaan negara tersebut kepada RIA Novosti.
BACA JUGA:Ciptakan Liburan Spesial, 6 Rekomendasi Aroma Parfum yang Cocok untuk Siang Hari Selama Liburan
Kemudian, pada tanggal 26 Desember, Direktur Jenderal United Aircraft Corporation (UAC, bagian dari Rostec) Yuri Slyusar, berbicara di saluran TV Rossiya 24, mengatakan bahwa pesanan pertahanan negara untuk pesawat tempur Su-57 generasi kelima pada tahun 2023 meningkat dua kali lipat dan telah selesai sepenuhnya.
“Kami memenuhi perintah bela negara. Kontrak yang ditandatangani dipenuhi sesuai jadwal, semuanya dikirimkan tepat waktu, bahkan terkadang ke masing-masing pabrik lebih cepat dari jadwal... Pesanan kami untuk semua pabrik telah meningkat, untuk beberapa - cukup signifikan. Untuk pesawat baru - dua kali lipat, misalnya, untuk pesawat Su-57, ini adalah pesawat yang kompleks. Kami mengatasi pekerjaan ini dengan terhormat,” kata Slyusar.
Menurutnya, untuk tahun 2024 “ada pesanan yang lebih besar lagi”.
Perwakilan terbaik dari generasi kelima
Kebutuhan untuk melengkapi pesawat tempur Su-57 dengan mesin tahap kedua dikomentari oleh pakar militer, editor majalah Arsenal of the Fatherland, Alexei Leonkov.
BACA JUGA:BREAKING NEWS: Dumptruck Pengangkut Material Proyek Pasar Inpres Hantam Avanza PNS Dinkes Kaur
“Su-57 seri pertama dilengkapi dengan mesin perantara dari pesawat Su-35S. Agar Su-57 menjadi pesawat tempur generasi kelima yang lengkap dan menggunakan teknologi visibilitas rendah, diperlukan mesin yang benar-benar berbeda,”
Pembangkit listrik baru akan memungkinkan Su-57 untuk tidak melanggar sistem visibilitas rendah di semua fase penerbangan dan dalam situasi pertempuran, jelas Leonkov.
“Saat ini, Su-57 adalah representasi terbaik dari pesawat generasi kelima jika dibandingkan dengan F-22 dan F-35 Amerika . Menempatkan senjata di kompartemen internal memungkinkan Su-57 untuk menggunakannya tanpa meningkatkan tanda radar, dan radar berbentuk bola memungkinkan pilot untuk melihat segala sesuatu yang terjadi di sekitar pesawat. Sistem elektronik memungkinkan pilot berkonsentrasi penuh dalam menjalankan misi tempur,” tegasnya.