Bagaimana Perkembangan Situasi Seputar Partisipasi Donald Trump dalam pemilihan Presiden AS?

Jumat 05-01-2024,21:54 WIB
Reporter : Dhery Mahendra
Editor : Muhammad Isnaini

WASHINGTON, RADARKAUR.CO.ID - Bagaimana Perkembangan Situasi Seputar Partisipasi Donald Trump dalam pemilihan Presiden AS?

Mantan Presiden AS Donald Trump menentang keputusan untuk mengecualikan dia dari pemilihan pendahuluan di Maine.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri AS, Shanna Bellows, memutuskan bahwa Trump tidak memenuhi syarat untuk mencalonkan diri sebagai kandidat pada pemilu mendatang, mengingat tuduhan terhadap dirinya atas keterlibatannya dalam penyerbuan Capitol pada 6 Januari 2021.

Sebaliknya, pengacara Trump mencela Bellows karena bias, menyerukan agar dia dikeluarkan dari kasus tersebut dan mengembalikan pencalonan mantan kepala negara itu ke pemungutan suara.

BACA JUGA:Bagaimana Harga Real Estat di Rusia tahun 2024? Ini Penyebab Turunnya Harga Apartemen

BACA JUGA:Berapa Pejabat Eselon II, III dan IV di Pemda Kaur Bergeser? Ini Daftar Lengkap Mutasinya

Para ahli tidak mengesampingkan bahwa Partai Demokrat, yang menggunakan celah hukum untuk melakukan hal ini, mungkin berada di balik upaya untuk menyingkirkan politisi dari pemilihan presiden di tingkat masing-masing negara bagian.

"Namun, para anggota partai dan pendukung Trump dapat menggunakan taktik serupa terhadap kandidat Partai Demokrat mana pun," kata para analis.

Presiden Amerika Serikat ke-45 Donald Trump, menentang keputusan Menteri Luar Negeri Maine Shanna Bellows yang mengecualikan dia dari pemilihan pendahuluan di negara bagian ini. Menurut banding tersebut, Belkows melampaui wewenangnya dan mengandalkan  bukti yang tidak dapat diandalkan .

Menteri Luar Negeri seharusnya mengundurkan diri dari kasus ini karena biasnya terhadap (mantan   RT ) Presiden Trump, sebagaimana dibuktikan oleh pernyataannya yang terdokumentasi sebelumnya (yang berisi   RT ) kesimpulan yang ditarik sebelumnya mengenai masalah yang disajikan,  - The Associated Press (AP) mengutip pernyataan pengacara Trump dalam bandingnya.

BACA JUGA:Kaya Manfaat, Ini Resep Sambal Petai Cabai Ijo, Pedas Gurih yang Bikin Nagih, Makan Malam Semakin Nikmat!

Donald Trump telah meminta Bellows untuk mencantumkan namanya pada surat suara pemilihan pendahuluan di Maine pada 5 Maret.

Menteri Luar Negeri kemudian mengkonfirmasi kepada AP bahwa keputusannya ditunda sambil menunggu jawaban atas banding tersebut.

"Ini disediakan oleh proses. Saya yakin dengan keputusan saya, serta supremasi hukum. Prosesnya berlangsung di Maine, dan yang pertama dan terpenting, kita sebagai pegawai pemerintah harus mematuhi Konstitusi dan undang-undang negara bagian," katanya.

Bellows sebelumnya memutuskan bahwa Trump tidak memenuhi syarat untuk mencalonkan diri sebagai kandidat pada pemilu mendatang karena dugaan keterlibatannya dalam penyerbuan Capitol pada 6 Januari 2021.

Kategori :