Mahasiswa KKN Unib Kerja Bakti di Masjid Jamik Tanjung Baru Sambut Idul Adha 1443 H

Mahasiswa KKN Unib Kerja Bakti di Masjid Jamik Tanjung Baru Sambut Idul Adha 1443 H

Foto bersama KKN bersama Ketua Panitia pembangunan masjid dan pemuda desa tanjung baru. Poto : kamarudin/ radarkaur.co.id--

RADARKAUR.CO.ID, BINTUHAN - Menyambut Hari Raya Idul Adha 1443 H tanggal 10 Juli 2022. Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Bengkulu (Unib) Periode-97 bersama Panitia Pembangunan Masjid dan Pemuda Desa Tanjung Baru melaksanakan kegiatan kerja bakti membersihkan dan merapikan tempat salat idul Adha 1443 H mulai dari pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai di Masjid Jamik Desa Tanjung Baru Kecamatan Maje Kabupaten Kaur, Sabtu (09/7/2022).

Kegiatan kebersihan dan merapikan masjid ini merupakan bagian dari inisiatif KKN. Untuk mengajak warga sekitar khususnya para pemuda untuk ikut peduli terhadap kebersihan Masjid dan sebagai bentuk pengabdian KKN kepada masyarakat setempat.

BACA JUGA:Daging Kurban Rebus Dahulu 30 Menit Sebelum Diolah, Simak Pesan Spesialis Gizi Ini

Kordes KKN Desa Tanjung Baru Kecamatan Maje Abdullah Panjaitan menyampaikan bahwa kebersihan masjid harus menjadi salah satu yang harus diperhatikan oleh warga sekitar. Apalagi dalam menyambut Hari besar islam yaitu hari raya Idul Adha. Karena tempat ibadah itu identik dengan bersih dan suci.

Dikatakannya sebagai mahasiswa - mahasiswi KKN telah mengajak dan mengusulkan kepada pemerintah desa agar melakukan kegiatan kerja bakti  membersihkan masjid di Desa Tanjung Baru.

"Kami berinisiatif mengusulkan kegiatan kerja bakti ini kepada pemdes. Karena besok akan dilaksanakan salat Idul Adha maka kami Mengajak pemudanya hari ini untuk melakukan kebersihan masjid," ucap Abdullah.

BACA JUGA:Lirik dan Arti Lagu ‘Sikok Bagi Duo’ yang Viral Hingga Penyanyinya Dipanggil BNN

Diakuinya pada kegiatan kerja bakti KKN bersama pemuda desa sangat terlihat kompak membersihkan bagian dalam masjid. Seperti menyapu, mengepel, membersihkan jendela serta sejadah yang tersedia. Dan bagian luar seperti merapikan sisa- sisa cat pembangunan teras serta halaman masjid yang masih nampak berantakan di rapikan kembali.

"Kami lihat masjid ini masih dalam pembangunan teras, banyak yang perlu dirapikan dan bersihkan. Tapi untungnya pemudanya kompak jadi mudah melaksanakannya," urainya.

Dia berharap kegiatan kerja bakti seperti ini kedepan akan terus berlanjut. Dan menjadi kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh warga dan pemuda di sekitar masjid untuk tetap selalu menjaga keindahan masjid jamik yang berada di Desa Tanjung Baru.

Sementara itu Ketua panitia Pembangunan Masjid Jamik Tanjung Baru Meki Elyantoni mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan KKN dan pemuda. Untuk membersihkan lingkungan Masjid Jamik desa tanjung Baru dalam menyambut Hari Raya Idul Adha.

BACA JUGA:Harga Daging Tak Terpengaruh PMK dan Jembrana

Menurutnya, bagi umat islam yang memang diajarkan mengenai Thaharah. Kebersihan masjid menjadi suatu perhatian penting dalam melaksanakan ibadah karena dalam islam kebersihan adalah sebagian dari iman.

"Kegiatan kerja bakti kebersihan ini sangat bagus, apalagi dikerjakan bersama - sama KKN dan pemuda. Jadi akan menumbuhkan rasa kebersamaan yang lebih erat dan  silaturahmi yang bermanfaat," ucap Meki.

Lanjutnya bahwa kerja bakti juga merupakan bagian dari budaya masyarakat lokal. Memunculkan kekompakan dan mempererat silaturahmi dengan cara bekerja bergotong royong. Maka diharapkan kerja bakti ini akan berdampak positif pada masyarakat.

"Banyak yang dikerjakan hari ini mulai dari membersihkan dilangit-langit masjid, membersihkan lantai keramik menggunakan kain lap, merapikan kembali rak-rak Al-Qur’an dan lemari tempat mukena, menyuci seluruh mukenah, sajadah dan alas kaki. Serta menyapu dan mengepel lantai masjid. Begitu juga kebersihan pada sanitasi pun dilakukan dengan membersihkan kamar mandi dan tempat wudhu," tutupnya.(kom)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: