Puluhan Hektar Tanaman Jagung Rusak Parah

Puluhan Hektar Tanaman Jagung Rusak Parah

Inilah tanaman jagung warga Pagar Gunung Kecamatan Padang Guci Hulu rusak parah akibat derasnya air.--

KAUR, RADARKAUR.CO.ID - Cuaca ekstrim beberapa hari yang lalu mengakibatkan tanaman jagung rusak parah. Kebun jagung yang berada di Desa Pagar Gunung Kecamatan Padang Guci Hulu terancam gagal panen.

Tanaman jagung tersebut baru berumur 3 minggu rusak parah karena dilalui arus deras Sungai Padang Guci.

Petani pemilik tanaman jagung Saharpa (56) mengatakan tanaman jagung yang rusak tidak bisa dikelola lagi. Walaupun masih bisa menghasilkan tetapi tidak akan maksimal. 

BACA JUGA: Ongkos Travel Naik, Penumpang Sepi

“Sudah rusak, hasilnya kalau sudah seperti ini tidak akan maksimal lagi. Kemungkinan harus ditanam ulang,” kata Saharpa. 

Lanjutnya, untuk kerugian bisa saja mencapai puluhan juta rupiah. Dari bibit, pupuk dan perawatanya sudah banyak mengeluarkan dana. 

BACA JUGA: Massa KAMMI Bengkulu Desak Jokowi Mundur atau Tunda PSN dan Kenaikan BBM 

BACA JUGA: Siapa Membunuh Putri (3): Kepiting Saus, Anak-anak Panti, dan Sensor Berita

“Kalau ada perbaikan siring itu yang sangat petani harapkan, sehingga saat musim hujan bisa buka tutup masuknya air ke lokasi persawahan,” ujarnya. 

BACA JUGA: Harga Ayam Potong Terjun, Harga Telur Melambung

Sambungnya, saat ini tidak bisa diprediksi keadaan cuaca. Bukan seperti jaman dahulu. Jika sudah masuk bulan September. Cuaca dipastikan hujan, dan kapasitas air yang masuk tidak akan se-ekstrim ini. 

“Kemungkinan besar dikarenakan banyaknya penebangan hutan di hulu sungai, sahingga kapasitas air tidak bisa dipredeksi,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: