BMKG: Waspada Potensi Cuaca Ekstrem Berlanjut hingga 15 Oktober

BMKG: Waspada Potensi Cuaca Ekstrem Berlanjut hingga 15 Oktober

BMKG memberikan peringatan dini terkait potensi cuaca ekstrim yang bisa berlanjut hingga 15 Oktober 2022. Banjir yang terjadi di jembatan cucupan sudah mencapai setinggi paha orang dewasa.--(Dokumen/radarkaur.co.id)

JAKARTA, RADARKAUR.CO.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis potensi cuaca ekstrem 2 - 8 Oktober 2022.

Kemudian potensi curah hujan sedang hingga lebat periode 09 -15 Oktober di 32 wilayah Indonesia.

Dan potensi berdampak hujan lebat dengan kategori siaga periode 08-10 Oktober 2022. 

BMKG juga merilis potensi terjadinya Awan Cumulonimbus periode 08-14 Oktober 2022. Dan potensi gelombang tinggi terjadi di sejumlah wilayah pada periode 08-14 Oktober 2022. 

Berdasarkan analisis terkini bahwa kondisi dinamika atmosfer di wilayah Indonesia. Masih cukup signifikan berpotensi mengakibatkan peningkatan potensi cuaca ekstrem di beberapa wilayah dalam sepekan kedepan.

Hasil analisis dinamika atmosfer terkini menunjukkan adanya sirkulasi siklonik yang membentuk pola belokan angin. Serta perlambatan kecepatan angin yang dapat meningkatkan aktivitas konvektif dan pertumbuhan awan hujan. 

Kemudian, aktifnya fenomena gelombang atmosfer seperti MJO (Madden Jullian Oscillation) yang berinteraksi dengan gelombang Rossby Ekuatorial.

Dan gelombang Kelvin juga secara tidak langsung dapat meningkatkan pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia dalam beberapa hari ke depan.

 

Potensi Cuaca

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprediksikan potensi curah hujan dengan INTENSITAS SEDANG-LEBAT yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang untuk periode 09 - 15 Oktober 2022 di wilayah sebagai berikut:

1. Aceh

2. Sumatra Utara

3. Kep. Riau

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: