Harga TBS Membaik, Karet Masih Anjlok

Harga TBS Membaik, Karet Masih Anjlok

Harga jual getah karet tingkat petani terpantau masih jauh dari harapan, Selasa (18/10).--

KAUR, RADARKAUR.CO.ID - Harga jual Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit semakin membaik. Setelah beberapa waktu lalu sempat terjun bebas.

Di tingkat pabrik berkisar di angka Rp 1.900 per-Kilogram (Kg). Karenanya harga jual oleh petani pada penampung, berada di harga Rp 1.700 per-Kg. 

BACA JUGA: BREAKING NEWS : Tsk Kasus NIPD, Mantan Pejabat Kaur Ditahan di Rutan Manna

"Sudah makin lebih baik. Terlebih saat ini harganya jauh lebih stabil. Sekalipun terjadi penurunan harga. Kisarannya sekitar Rp 50 ribu per-Kg," sampai Ujang Herdiansyah (36) warga Desa Sinar Jaya Kecamatan Kaur Tengah, Selasa (18/10).

Di sisi lain, kian membaiknya harga jual TBS berbanding terbalik dengan masih anjloknya harga jual getah karet.

Di tengah kesulitan hasil produksi lantaran tingginya intensitas hujan. Di kecamatan yang sama, harga komoditi pertanian ini masih berada di harga Rp 6 ribu per-Kg.

BACA JUGA: 5 Partai Ini Belum Memenuhi Syarat Verfak Pengurus, Diberi Waktu Perbaikan

BACA JUGA: Rekayasa Lalu Lintas, Dishub Koordinasi Antar Sektor

"Setelah turun dari harga Rp 9 ribu per-Kg, beberapa bulan lalu. Hingga saat ini harga jual getah karet oleh petani masih belum terlihat membaik. Padahal ditengah kondisi seringnya turun hujan. Memiliki pengaruh besar dalam penurunan hasil produksi," ungkap M Hatta (40) warga Desa Kemang Manis Kecamatan Kaur Tengah.

Tambahnya, harga beli komoditi getah karet oleh tokeh di Kabupaten Kaur, khususnya Kecamatan Kaur Tengah yang berada di harga Rp 6 ribu per-Kg.

BACA JUGA: 90 Calon Panwascam Lolos Tes Tertulis, Lanjut Wawancara

BACA JUGA: Berkat BSPS, Warga Prasejahtera Wujudkan Miliki Rumah Impian

Disebutkan Hatta jauh lebih baik dibanding daerah lain. Seperti di Kabupaten Seluma ataupun Kabupaten Bengkulu Selatan. 

"Keterangan keluarga yang juga bertani karet di kedua kabupaten itu. Harga jual pada pihak pengepul berada di harga Rp 4 ribu per-Kg. Karenanya harga di Kaur jauh lebih baik," ujar M Hatta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: