Hanya Mahasiswa UT yang Tahu 5 Istilah Unik Ini, Nomor 4 Familiar Banget!!

Hanya Mahasiswa UT yang Tahu 5 Istilah Unik Ini, Nomor 4 Familiar Banget!!

Mahasiswa UT atau Universitas Terbuka.--Ilustrasi

Berikut penjelasan lima istilah unik yang hanya dipahami mahasiswa UT:

1. Sipas

Sipas adalah singkatan dari Sistem Paket Semester. Apabila seorang mahasiswa memilih layanan Sipas saat mendaftar di UT, mata kuliah yang akan dia ikuti artinya sudah dipilihkan oleh pihak kampus. Biasanya yang ikut Sipas akan mendapat 18 SKS dalam satu semester, jumlah SKS ini nggak bisa kurang dan nggak bisa ditambah. Mata kuliahnya juga sudah ditentukan.

Layanan Sipas cocok buat mahasiswa yang nggak mau ribet. Tinggal kuliah mengikuti jadwal yang sudah ditetapkan pihak kampus. Selain itu dari segi biaya, layanan Sipas juga relatif murah (antara Rp1,3 juta-1,8 juta per semesternya).

BACA JUGA:Food Traveller, 5 Rekomendasi Tempat Makan Terenak di Bengkulu, edisi Liburan Akhir Tahun! 

BACA JUGA:KABAR TERBARU terkait Pendataan Non ASN, DPR RI Temukan Ada Masalah

 

2. Non-Sipas

Non-Sipas atau Non-Sistem Paket Semester merupakan kebalikan dari layanan Sipas. Dengan memilih Non-Sipas, mahasiswa UT dibebaskan memilih mata kuliah dan jumlah SKS sesuai dengan keinginan.

Pada semester 1 dan 2, mahasiswa bisa memilih maksimal 20 SKS, sedangkan pada semester 3 ke atas mahasiswa bisa memilih hingga 24 SKS. Memilih jumlah SKS yang sangat sedikit pun nggak masalah, bebas aja.

Pemilihan mata kuliah pun bebas. Nggak seperti perguruan tinggi lain yang sudah punya aturan pakem mata kuliah yang harus dipilih di tiap semester, untuk layanan Non-Sipas ini mahasiswa benar-benar diberi kebebasan. Kalau di semster satu pengin langsung merasakan mata kuliah yang super sulit pun nggak masalah.

Dari segi biaya, layanan Non-Sipas ini bisa disesuaikan dengan bujet yang dimiliki mahasiswa. Misalnya, kalau di semester 3 seorang mahasiswa UT kesulitan biaya kuliah, dia bisa memilih untuk nggak mengambil banyak SKS biar biaya kuliah jadi lebih murah.

BACA JUGA:2023 Pendataan non ASN dihapus, Pemerintah Diminta Temukan Solusi melalui PPPK 

BACA JUGA:Food Traveller!, Ini 3 Rekomendasi Tempat ‘Wisata Kuliner Malam’ di Bengkulu, Liburan Akhir Tahun

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: