Hanya Mahasiswa UT yang Tahu 5 Istilah Unik Ini, Nomor 4 Familiar Banget!!

Hanya Mahasiswa UT yang Tahu 5 Istilah Unik Ini, Nomor 4 Familiar Banget!!

Mahasiswa UT atau Universitas Terbuka.--Ilustrasi

3. Tuweb

Tuweb merupakan modus pembelajaran baru UT yang hadir sejak masa pandemi Covid-19. Tuweb sendiri singkatan dari Tutorial Webinar.

Meskipun pada dasarnya Tuweb dilakukan secara online, setidaknya masih ada pertemuan tatap muka lewat on screen. Beberapa kampus UT menggunakan Zoom atau Microsft Teams sebagai media untuk melakukan Tutorial Webinar.

Tuweb pada dasarnya merupakan pengganti TTM dalam rangka pencegahan penularan virus corona di lingkungan kampus. Jadi, mahasiswa yang sudah mengikuti Tuweb nggak perlu mengikuti TTM karena pada dasarnya kedua modus pembelajaran tersebut sama secara prinsip.

Masih belum diketahui apakah Tuweb akan dipertahankan atau nggak apabila pandemi ini berakhir. Sebagai mahasiswa, tentu saja saya berharap Tuweb tetap diadakan supaya sistem pembelajaran di UT makin bervariasi.

BACA JUGA:2023 Pendataan non ASN dihapus, Pemerintah Diminta Temukan Solusi melalui PPPK 

BACA JUGA:193 Jabatan Ini Tak Masuk Pendataan Non-ASN di Pendataan-nonasn.bkn.go.id

 

4. TTM

TTM-nya mahasiswa UT bukan Teman Tapi Mesra, ygy, melainkan Tutorial Tatap Muka. TTM ini merupakan salah satu modus pembelajaran yang ditawarkan oleh UT untuk para mahasiswanya.

Tutorial Tatap Muka ada yang bersifat wajib sehingga mahasiswa wajib mengikutinya dan ada yang bersifat atpem (atas permintaan mahasiswa). Khusus yang atpem, apabila nggak ada permohonan dari mahasiswa, Tutorial Tatap Muka nggak bisa dilaksanakan.

Sistem pembelajaran TTM adalah bertemu langsung dengan dosen di suatu kelas, biasanya terdiri dari 20-25 orang mahasiswa. Dalam satu semester, biasanya ada 8 kali pertemuan setiap hari Sabtu dan Minggu.

Tentu saja pemilihan hari Sabtu dan Minggu ini bukan tanpa alasan. UT dikenal sebagai kampusnya para pekerja, makanya weekend adalah waktu yang tepat untuk para mahasiswa yang kebanyakan bekerja dari Senin sampai Jumat ini untuk melaksanakan kuliah.

BACA JUGA:Lolos Pendataan Non ASN, Apa otomatis Diangkat PPPK? Penjelasannya Begini 

BACA JUGA:Nama yang Lolos Pendataan Non ASN, Cek Disini..

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: