3 Resep Menu Harian yang Tidak Menguras Kantong!

3 Resep Menu Harian yang Tidak Menguras Kantong!

Tempe Orek, Resep menu harian--Ilustrasi


KAUR, RADARKAUR.CO.ID - Pada dasarnya manusia membutuhkan asupan makanan yang bergizi untuk menunjang kesehatan tubuh. Namun, ditengah harga barang yang serba naik tidak semua kalangan mampu memenuhi kebutuhan itu. Seperti makan Olahan daging segar, buah-buahan rutin, dsb. 

Apalagi kaum emak-emak paling repot sendiri kalau minyak goreng dan kebutuhan harian serba naik. Nah, Moms harus pintar mengatur pengeluaran budget untuk mendapat resep menu harian sehat dan ekonomis. Agar kebutuhan sehari-hari terpenuhi. 

Apa saja tips menghemat budget untuk mendapatkan resep menu harian yang sehat namun ekonomis?

1. Tempe Orek

Resep Menu harian tempe orek dapat memenuhi gizi harian. Kandungan di dalam tempe memiliki nilai gizi yang tinggi dan mudah dicerna. Selain itu, harganya pun sangat terjangkau. 

Biasanya harga pasaran tempe per butir paling mahal Rp. 5000 rupiah untuk ukuran jumbo. Cara memasaknya pun bisa variatif, umumnya tempe dimasak dengan cabe yang digoreng atau dijadikan sambal goreng

Tempe banyak dijual dipasar dan warung-warung yang menjual sayur harian. Menu harian Tempe juga bisa dimasak jadi tempe goreng asin yang bisa dijadikan menu makanan untuk anak-anak. 

Nah, cara memasak orek tempe  pun sangat mudah. Begini caranya:

Bahan:
· 4 butir tempe (potong dadu)
· 2 Sachet kecap manis
· 2 lembar daun salam
· 1 siung bawang putih (giling halus)
·  4 siung bawang merah (Diiris)
· Minyak Goreng
· Penyedap rasa: Gula merah, garam, kaldu ayam bubuk.  
· Cabai merah giling.  

Resep dan cara memasak:  
1. Panaskan minyak, setelah itu masukkan potongan tempe. Tumis bawang putih, daun salam, dan bawang merah. Lalu aduk sampai keluar aroma harum.  
2. Setelah bumbu matang, tambahkan cabai merah aduk sampai kematangan. Cabai goreng yang matang warnanya akan merah terang.
3. Tambahkan  kaldu ayam bubuk, aduk rata.
4. Terakhir, masukkan kecap manis dan penyedap kaldu, serta garam secukupnya.  Jika rasa sudah pas antara manis, pedas dan asin masukkan tempe yang sudah digoreng. Aduk merata lalu angkat.  

2. Kangkung Belacan

Kangkung Belacan termasuk menu harian simple dan enak.  Resep dan cara memasak serta bahan-bahan yang dibutuhkan juga sederhana dan murah.

Menu harian berbahan dasar kangkung mudah didapat, harga perikat pun paling mahal Rp. 5000 untuk kelas pasar tradisional. Selain itu, kangkung sangat baik untuk kesehatan. 

Manfaat lain dari kangkung Kangkung dapat membantu mengurangi radikal bebas di tubuh (sebagai antioksidan) sehingga dapat membantu mencegah kolesterol yang teroksidasi. Karena nutrisi penting didalamnya dan kandungan vitamin A dan C serta beta-karoten.  

Bahan:
· 2 ikat kangkung (dibersihkan dan potong)
· Minyak goreng secukupnya
· Setengah gelas air putih atau sesuai keinginan.
· Terasi, Garam, gula, dan kaldu bubuk secukupnya
· Cabai rawit ditumbuk-tumbuk (banyaknya sesuai selera)
· 1 butir tomat potong kecil
· 5 siung bawang merah iris
· 2 siung bawang putih iris
· Daun bawang secukupnya

Resep dan Cara Memasak:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: