1.438 Aset Pemkab BS Segera Dilelang

1.438 Aset Pemkab  BS Segera Dilelang

SURVEI: Bidang Aset BPKAD BS melakukan survei aset berupa peralatan dan mesin di OPD lingkungan Pemkab BS, Kamis (29/12)--

BENGKULU SELATAN (BS), RADARKAUR.CO.ID - Pemkab BS melalui Bidang Aset Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten akan kembali menggelar lelang aset bekas pakai. Kali ini, aset yang akan dilelang berupa peralatan dan mesin di setiap OPD Pemkab BS.

Ada 1.438 aset peralatan dan mesin yang akan dilelang. Dari jumlah aset tersebut, jika ditotalkan harga jual berkisar Rp 39 juta.

Kepala BPKAD BS Nuzmanto M Adil, ST melalui Kabid Aset Adin Khairoh, SH mengatakan, rencana lelang aset peralatan dan mesin ini memang sudah lama disampaikan ke Sekda BS Sukarni Dunip, SP, M.Si. Karena selama ini masih terganjal dengan penilaian Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Provinsi Bengkulu.

Sehingga baru kini bisa dievaluasi nilai aset yang akan dilelang. Mengingat, banyak sekali usulan aset yang disampaikan OPD untuk dilakukan penghapusan dengan cara dilakukan lelang.

BACA JUGA:Pemkab BS Akan Mendirikan Pabrik CPO Mini di Seluruh Desa

BACA JUGA:2022 Ada 338 Kasus di BS, Terbanyak Kasus Pencurian

"Dari hasil penilaian KPKNL Bengkulu, tidak semua usulan aset milik OPD Pemkab BS dapat dinilai atau dilelang. Lantaran banyak aset yang sudah masuk kategori rusak berat.

Dari jumlah keseluruhan aset peralatan dan mesin yang diusulkan 1.620 barang. Yang dapat dinilai atau dilelang hanya 1.438," beber Kabid.

Kabid menjelaskan, aset peralatan dan mesin yang bakal dilelang kursi, meja, komputer, ac, kulkas, dan jenis lainnya. Pelelangan akan dilakukan dengan sistem online melalui KPKNL.

Kabid mengaku, dari 1.438 aset yang bakal dilelang tersebut terbagi menjadi 31 paket. Hal ini sesuai hasil pengelompokan dari OPD masing-masing.

BACA JUGA:Komisi X DPR RI Usahakan Beasiswa Pendidikan di BS

BACA JUGA:Kejari BS Berhasil Pulihkan Keuangan Negara Rp 3,1 M

"Rencananya lelang akan di gelar pada Januari atau selambat-lambatnya Februari 2023. Lelang tersebut terbuka untuk umum. Jadi siapapun boleh ikut," demikian Kabid. (roh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: