Cuaca Ekstrem, Pengunjung Pasar Bawah Dilarang Mandi

Cuaca Ekstrem, Pengunjung Pasar Bawah Dilarang Mandi

PASANG SPANDUK : Petugas BPBD BS saat memasang spanduk bertuliskan waspada cuaca ekstrem di Pantai Pasar Bawah Kecamatan Pasar Manna, Jumat (30/12)--

BENGKULU SELATAN (BS), RADARKAUR.CO.ID - Pada perayaan tahun 2023 ini, pengunjung objek wisata Pantai Pasar Bawah Kecamatan Pasar Manna diprediksi akan meningkat. Untuk itu, mengingat cuaca di wilayah Kabupaten BS akhir-akhir ini sedang ekstrim, mulai dari angin kencang yang disertai hujan yang datang tidak menentu.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) BS mengingatkan warga agar terus meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana alam yang bisa terjadi kapanpun. Terutama, bagi para pengunjung wisata dilarang untuk mandi di pantai. Ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan yang bisa membahayakan.

Plt Kepala BPBD BS Rasyidi S.IP, M.Si melalui Sekretaris Rendra WS, ST menyebutkan, terhitung sejak beberapa hari terakhir pihaknya gencar melakukan kegiatan monitoring pasca cuaca ekstrim. Dibeberapa titik rawan juga sudah dipasang spanduk peringatan.

Seperti, di Pantai Pasar Bawah dan di sepanjang jalur Ulu Manna tepatnya lintas Manna-Tanjung Sakti. Khusus kondisi ombak di laut Pasar Bawah sedang tidak baik. Tentu saja akan membahayakan apabila ada masyarakat yang mandi atau bermain dekat pantai.

BACA JUGA:Giatkan Literasi di BS, Duta Baca Dikukuhkan

BACA JUGA:Tahun Baru, Mobil Bak Terbuka Dilarang Bawa Penumpang

"Larangan ini tolong di patuhi, bahaya bila mandi pantai, apalagi anak-anak. Lebih baik foto-foto saja, tidak dianjurkan bermain-main di air laut langsung," imbuhnya.

Lanjut Rendra, sebagi antisipasi jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam seperti longsor dan pohon tumbang. Pihaknya telah mempersiapkan peralatan seperti alat chain saw, cangkul, pisau, lori dan alat-alat lainya yang dianggap penting.

Pihaknya juga mengingat warga tetap berkomunikasi kepada pihak manapun terutama kepada BPBD BS.

"Intinya, tetap jaga diri dan keluarga masing-masing. Jangan akibat keasikan liburan malah membahayakan diri sendiri dan keluarga," pungkasnya.

BACA JUGA:Galau, Curhat Bersama Kapolsek

BACA JUGA:Kades Ngobrol Santai Bersama Kapolres Kaur di Kayangan

Senada disampaikan Kasatpol PP dan Damkar BS Erwin Muchsin, S.Sos yang mengatakan, bahwasanya pihaknya akan menurunkan anggota untuk berjaga di pantai Pasar Bawah pada momen tahun baru nanti. Pihkanya telah memprediksi pengunjung Pasar Bawah akan ramai.

Sebab masyarakat dari Pagar Alam dan Lahat setiap tahun selalu memadati wisata andalan BS tersebut. Maka dari itu ia memastikan anggotanya berjaga disepanjanag pantai mencegah masyarakat mandi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: