Peserta Jamkesda Naik 117 Persen

Peserta Jamkesda Naik 117 Persen

Didi Ruslan--

BENGKULU SELATAN (BS), RADARKAUR.CO.ID - Pelayanan kesehatan bagi masyarakat di Kabupaten BS terus dimaksimalkan. Salah satunya yakni dengan program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda).

Pada tahun 2023, tercatat sudah ada 5.000 masyarakat di BS yang terdaftar sebagai peserta Jamkesda. Jumlah ini jauh lebih banyak dari tahun 2022 lalu yang hanya sebanyak 2.300 orang saja. Jumlah tersebut sesuai data yang ada di Dinas Kesehatan (Dinkes) BS, Jumat (6/1).

Kadis Kesehatan BS Didi Ruslan, S.KM, M.Si mengungkapkan, Pemkab BS terus berupaya memberikan pelayanan kesehatan secara maksimal kepada warga kurang mampu di BS. Salah satunya dengan terus melakukan penambahan peserta Jamkesda.

Untuk kepastian adanya penambahan peserta Jamkesda 2023 tersebut setelah adanya kepastian ketersediaan anggaran dari APBD BS tahun 2023.

BACA JUGA:KWT Seroja Simpang Taman Kedelai Varietas Anjasmoro

BACA JUGA:Laporkan, Jika Warga Keluhkan Kamtibmas

Pada APBD BS 2023, anggaran untuk Jamkesda sebesar Rp 2,7 Miliar. Sedangkan pada APBD BS tahun 2022 lalu hanya sebesar Rp 1,7 Miliar.

"Ya, untuk 2023 ini Jamkesda  bertambah 2.700 orang dari tahun lalu. Totalnya ada 5.000 orang warga yang telah terdaftar," sampai Didi.

Didi menjelaskan, dengan peserta Jamkesda pada tahun 2022 lalu yang hanya sebanyak 2.300 orang, maka pihaknya sudah menyampaikan surat pemberitauan kepada camat, desa dan kelurahan di BS.

Agar dapat menyampaikan data warga miskin yang belum termasuk sebagai peserta Jamkesda atau peserta jaminan kesehatan lainnya.

BACA JUGA:Kian Membaik, Wabup Kaur Ingin Segera Pulang

BACA JUGA:Koptan di Kinal Dibantu Bronjong

Dengan begitu warga miskin yang selama ini belum termasuk sebagai peserta jaminan kesehatan, dapat dimasukan menjadi peserta Jamkesda.

"Dengan menjadi peserta jamkesda, maka warga miskin dapat mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: