DD Tiga Desa Tembus Rp 1 M

DD Tiga Desa Tembus Rp 1 M

Ilustrasi --

BENGKULU SELATAN (BS), RADARKAUR.CO.ID - Pagu anggaran masing-masing desa di seluruh daerah sudah keluar. Hal ini sesuai Peraturan Menteri Keuangan (PMK) RI Nomor : 201/PMK.07/2022 tentang Pengelolaan Dana Desa.

Berdasarkan PMK tersebut, dari 142 desa di Kabupaten BS, tiga desa diantaranya anggaran DD yang tebus hingga Rp 1 Miliar (M) lebih. Selain itu, ada pula 21 desa yang menerima tambahan anggaran yang bersumber dari Alokasi Kinerja (AK).

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) BS Nuzmanto M Adil, ST melalui Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) DD dan ADD Ujang Ali, S.Sos mengungkapkan, ada tiga desa di BS yang menerima kucuran anggaran DD tahun 2023 ini lebih dari Rp 1 M.

Diantaranya,  Desa Sukamaju Kecamatan Air Nipis dengan total anggaran tembus Rp 1,1 M. Kemudian disusul Desa Suka Negeri Kecamatan Air Nipis total anggaran Rp 1,040 M dan terakhir Desa Darat Sawah Ulu Kecamatan Seginim yang anggarannya tembus Rp 1 M.

BACA JUGA:Harapkan Kasat Baru Berikan Perubahan

BACA JUGA:Raflesia di Bukit Barisan, Awas Tangan Jahil

"Total keseluruhan anggaran DD tahun 2023 yang dikucurkan pemerintah pusat ke 142 desa di Kabupaten BS yakni sebesar Rp 105, 2 M. Untuk anggaran terbesar yakni Desa Sukamaju Kecamatan Air Nipis dengan total anggaran mencapai Rp 1,1 M.

Sementara anggaran DD terkecil yakni Desa Manggul Kecamatan Manna dengan total anggaran sebesar Rp 588 juta," ungkap Ujang.

Selanjutnya, tambah Ujang Ali,  dari 142 desa yang ada di Kabupaten BS setidaknya ada 21 desa yang menerima tambahan anggaran DD melalui Alokasi Kinerja (AK).

Ke-21 desa tersebut yakni, Desa Sukamaju Kecamatan Air Nipis, Desa Tanjung Negara, Desa Keban Agung III dan Desa Tanjung Besar Kecamatan Kedurang.

BACA JUGA:Cara Validasi NIK jadi NPWP, Ikuti Saja Langkah Mudah Berikut, Simpel dijamin anti gagal

BACA JUGA:2023, Seluruh Ujian Gunakan Chromebook

Lalu, Desa Kota Agung dan Desa Darat Sawah Ulu Kecamatan Seginim, Desa Anggut dan Desa Tanjung Eran Kecamatan Pino, Desa Tanjung Besar, Desa Lubuk Sirih Ulu, Desa Mela'o, Desa Jeranglah Rendah, Desa Tambangan dan Desa Padang Pandan Kecamatan Manna serta Desa Gunung Kembang Kecamatan Bunga Mas.

"Pada tambahan AK ini masing-masing desa menerima sebesar Rp 260 juta lebih. Untuk Kabupaten BS sendiri total keseluruhan anggaran AK untuk 21 desa yakni sebesar Rp 5,479 M," tuntas Ujang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: