Awal Tahun, Enam Warga Digigit Hewan Penular Rabies

Awal Tahun, Enam Warga Digigit Hewan Penular Rabies

Budi Syaputra--

BENGKULU SELATAN (BS), RADARKAUR.CO.ID - Kasus warga di Kabupaten BS yang digigit hewan penular rabies seperti anjing, kucing dan monyet patut jadi perhatian serius.

Pasalnya, setiap tahunnya masih saja banyak warga yang jadi korban gigitan hewan penular rabies tersebut. Bahkan, terhitung pada Selasa (10/1) awal tahun 2023 ini, tercatat sudah ada enam kasus warga yang digigit hewan penular rabies.

Kadis Kesehatan BS Didi Ruslan, S.KM, M.Si disampaikan Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Budi Syaputra, M.Kes membeberkan, bahwasanya dalam setiap tahunnya memang di Kabupaten BS selalu ada masyarakat yang kena gigitan hewan penular rabies.

Bahkan, pada tahun lalu, tercatat di Dinas Kesehatan (Dinkes) BS ada sebanyak 154 orang warga. Sedangkan, pada tahun ini baru diawal Januari sudah ada enam warga.

BACA JUGA:BUMDes Diminta Mampu Perkuat Ketahanan Pangan

BACA JUGA:405 Eks ODGJ di Akan Diberi Pelatihan Khusus

"Ini harus jadi perhatian serius semua pihak. Mengingat, gigitan hewan pembawa virus rabies tersebut sangat berbahaya bagi manusia. Apalagi, jika penanganannya lambat," beber Kabid.

Dijelaskan Budi, sebagai antisipasi jika sewaktu-waktu ada masyarakat yang terkena gigitan hewan penular rabies. Pihaknya telah menyediakan stokn Vaksin Anti Rabies (VAR).

Bahkan, untuk saat ini ada sebanyak 400 vial stok VAR yang siap dipakai. Menurut Budi, setiap masyarakat yang terkena gigitan hewan selain dilakukan pengobatan, juga akan dilakukan suntik vaksin.

"Hal ini bertujuan untuk menghindari virus rabies masuk ke tubuh korban yang kena gigitan hewan tersebut," demikian Budi.

BACA JUGA:TES PSIKOLOGI: Pilih Gambar Favorite-mu, Gambar Akan Tunjukkan Kondisi Mental dan Hubungan Asmaramu Saat Ini!

BACA JUGA:SDN 30 Kaur Segera Mulai Les Tambahan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: