5 Hidangan Ikonik Ramadhan dari Berbagai Daerah di Indonesia

5 Hidangan Ikonik Ramadhan dari Berbagai Daerah di Indonesia

Bongko Kopyor - Gresik--(dokumen/radarkaur.co.id)

BENGKULU, RADARKAUR.CO.ID - Kolak merupakan makanan yang erat kaitannya dengan bulan suci Ramadhan di Indonesia. Ramadhan tidak akan terasa istimewa tanpa gula aren, santan, dan makanan penutup berbahan dasar pisang ini. Namun, kolak bukanlah satu-satunya hidangan ikonik yang disajikan selama Ramadhan di Indonesia

Masih banyak lagi sajian khas Ramadhan Indonesia lainnya. Hampir setiap daerah memiliki setidaknya satu sajian ikonik yang sering tersedia saat sahur atau buka puasa.

Simak saja beberapa menu terpopuler di berbagai daerah saat bulan puasa di Indonesia berikut ini!

Menu ini juga bisa Anda jadikan sebagai pilihan sahur atau buka puasa untuk merasakan meriahnya suasana Ramadhan di Indonesia.

BACA JUGA:Lezat dan Unik! Begini Takjil Buka Puasa dari Berbagai Negara, Termasuk Kolak Indonesia 

BACA JUGA:7 Jurusan Paling Dicari CPNS 2023 Pegawai Kemenkeu, Formasi Berikut Prioritas KemenPan RB

1. Bubur Kanji Rumbi - Aceh 

Sepanjang Ramadhan, biasanya masjid akan rutin menggelar buka puasa bersama. Di Aceh , salah satu sajian yang sering disajikan di masjid adalah bubur kanji rumbi. Bubur berwarna kecoklatan ini memiliki aroma dan rasa pedas yang kuat. 

Ini karena resepnya sangat dipengaruhi oleh masakan India. Karena kaya akan rempah-rempah, bubur ini tidak hanya mengenyangkan tapi juga bisa membuat Anda merasa lebih hangat.

2. Putu Mangkok - Riau 

Berbuka puasa selalu terasa lebih nikmat saat menyantap jajanan manis. Di Kepulauan Riau, penduduk setempat memiliki satu hidangan khas Ramadhan, yaitu putu mangkok. 

Kue ini memiliki bahan utama tepung beras dan gula aren dengan taburan parutan kelapa, membuatnya terasa manis dan sedikit gurih. Bentuknya juga menyerupai mangkok terbalik, karena itulah namanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: