Tips Agar Tidak Cepat Lelah dan Lapar saat Berpuasa di Bulan Ramadhan

Tips Agar Tidak Cepat Lelah dan Lapar saat Berpuasa di Bulan Ramadhan

Sidang Isbat Digelar Kamis 20 April: Cek Lokasi Pengamatan di Bengkulu dan se-Sumatera--(dokumen/radarkaur.co.id)

KAUR, RADARKAUR.CO.ID - Beberapa orang yang berpuasa di hari-hari pertama Ramadhan mungkin mengalami penurunan energi tubuh, sebelum tubuh terbiasa dengan rutinitas puasa sehari-hari, dan ini terjadi karena perubahan pola makan dan tidur, selain cuaca panas. 

Cuaca yang dapat disaksikan di beberapa daerah, dan karena puasa bulan Ramadhan memiliki banyak manfaat psikologis, dan memiliki pahala yang besar bagi Tuhan Yang Maha Esa, maka seseorang harus menjaga kesehatan fisiknya agar dapat menyempurnakan manfaat puasa.

Berikut adalah beberapa tips penting untuk menghindari rasa lelah dan lapar selama puasa Ramadhan:

1. Jangan pernah melewatkan makan sahur

Makan sahur di bulan Ramadhan merupakan bagian terpenting bagi orang yang berpuasa, karena orang yang berpuasa membutuhkan tenaga untuk dapat menjalankan tugas sehari-harinya sambil terus berpuasa hingga matahari terbenam.

BACA JUGA:Untuk jadi CPNS 2023, Dokumen Penting Berikut Wajib Dimiliki Lulusan SMA D3 dan Sarjana 

BACA JUGA:Indonesia Not Only Bali, Here Are Beautiful Bengkulu Tourist Locations That Are No Less Beautiful

Makan sahur yang sehat akan membantu Anda tetap berenergi sepanjang hari, dan memastikan bahwa tingkat energi Anda tidak akan turun. Jadi sangat penting untuk mengatur alarm setidaknya 40-50 menit sebelum fajar agar bisa bangun tepat waktu, dan menyiapkan makanan sahur yang sehat.

2. Tidur siang sebentar untuk mengisi kembali energi Anda

Kesehatan tubuh secara umum didasarkan pada tidur yang cukup, jadi tidur siang singkat selama 20 menit di siang hari dapat mengimbangi sesuatu dari jam tidur yang tidak mencukupi, dan penting untuk tidak mengacaukan tidur siang singkat ini dengan tidur panjang karena itu membuat tubuh lebih lesu, yang pada gilirannya akan mencegah Anda tetap produktif sepanjang hari.

3. Tetap terhidrasi dan hindari sinar matahari

Salah satu hal penting bagi orang yang berpuasa di bulan Ramadhan adalah menghindari dehidrasi selama puasa, dan ini dapat dilakukan dengan minum cukup cairan selama sahur dan buka puasa serta di antara keduanya. Dimungkinkan juga untuk mendiversifikasi cairan dan minum jus segar dan minuman sehat lainnya.

BACA JUGA:Syarat Usulan CPNS 2023 Instansi Daerah yang Bakal Diterima Kemenpan RB, Daerahmu Termasuk Tidak? Cek Sini! 

BACA JUGA:Diumumkan April, Intip Formasi CPNS 2023, Lengkap buat lulusan SMA D3 dan Sarjana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: