Ilmuwan Rusia Menemukan Senyawa Untuk Terapi Kanker Selektif

Ilmuwan Rusia Menemukan Senyawa Untuk Terapi Kanker Selektif--ilustrasi

Ilmuwan Rusia Menemukan Senyawa Untuk Terapi Kanker Selektif

MOSCOW, RADARKAUR.CO.ID - Ilmuwan Rusia telah mengembangkan beberapa senyawa kimia yang di masa depan mungkin menjadi dasar obat antikanker selektif.

Eksperimen pada kultur sel dan hewan laboratorium telah menunjukkan bahwa zat baru memicu penghancuran sel kanker - apoptosis.

Pada saat yang sama, efek toksik pada sel-sel sehat tidak sekuat kemoterapi konvensional. Eksperimen telah menunjukkan bahwa efek negatif pada jaringan sehat dari penggunaan senyawa baru hampir sepuluh kali lebih kecil dibandingkan obat klasik untuk pengobatan kanker.

BACA JUGA:Jaksa Sidik Dana Verfak Parpol atau Uang Sogok DCT di KPU Kaur? Milik Siapa Uang Tunai Puluhan Juta?

BACA JUGA:RESMI, Harga BBM dari Pertamina, Selasa 19 September 2023 di SPBU Se-Indonesia, Pertadex Naik Rp2.550

Ilmuwan dari ITMO dan Institut Kimia Organik dan Fisika dinamai A.E. Arbuzov mensintesis senyawa kimia yang mampu menghancurkan sel kanker secara selektif, namun secara praktis tidak mempengaruhi sel sehat.

RT diberitahu tentang hal ini oleh layanan pers ITMO. Penelitian ini dilakukan dengan dukungan dari Yayasan Sains Rusia.

Hasilnya dipublikasikan di jurnal Bioorganic Chemistry.

Seperti yang diingatkan oleh penulis karya tersebut, sebagian besar obat yang digunakan saat ini untuk kemoterapi kanker memiliki kelemahan yang signifikan: toksisitas tinggi dan selektivitas rendah.

BACA JUGA:Simak Syarat Pinjam KUR 2023 Terbaru, Salah Satunya Wajib Terlindungi BPJS Ketenagakerjaan

BACA JUGA:Berikut Pengurus Nasional AMSI Periode 2023-2027, Mari Ciptakan Ekosistem Bisnis Media Siber Lebih Baik

Obat-obatan tersebut tidak hanya mempengaruhi sel-sel tumor, tetapi juga berdampak negatif terhadap sel-sel sehat, yang mengakibatkan konsekuensi seperti melemahnya sistem kekebalan tubuh, rambut rontok, kehilangan nafsu makan, kerusakan pada selaput lendir mulut dan tenggorokan, dll.

Para ahli telah mengusulkan metode baru yang ditargetkan untuk mengobati tumor kanker. Untuk melakukan ini, mereka mensintesis sembilan senyawa kimia berdasarkan makromolekul, produk sintesis fenol dan formaldehida - kaliksarena.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News