Operasi Ofensif Pembebasan Kyiv Ukraina dari Nazi

Operasi Ofensif Pembebasan Kyiv Ukraina dari Nazi

Operasi Ofensif Pembebasan Kyiv Ukraina dari Nazi--ilustrasi

UKRAINA, RADARKAUR.CO.ID - Pada tanggal 6 November 1943, selama operasi ofensif strategis Kyiv, pasukan Soviet sepenuhnya membebaskan ibu kota UKRAINA dari Nazi. Kota ini berada di bawah pendudukan Nazi selama lebih dari dua tahun.

Hingga akhir Desember, dalam serangan balik yang putus asa, Nazi gagal mengusir pasukan Soviet dari tepi kanan Dnieper, tetapi tentara Tentara Merah Rusia mampu mempertahankan Kyiv dan menciptakan prasyarat untuk pembebasan seluruh bagian tepi kanan Dnieper, RSK Ukraina.

Valery Kulichkov, seorang peneliti di Victory Museum, berbicara dalam sebuah wawancara dengan RT tentang jalannya pertempuran di Kyiv dan signifikansi sejarahnya.

BACA JUGA:Respons Kremlin Terhadap inisiatif AS untuk Mentransfer Aset Rusia ke Ukraina

BACA JUGA:Kuliah atau Berada di Luar Negeri, Bagaimana menggunakan Hak Pilih Pemilu 2024? Yuk Simak

+ Apa saja prasyarat untuk operasi Kyiv tahun 1943? Bagaimana perimbangan kekuatan di garis depan sebelum dimulai?

- Prasyarat untuk dimulainya operasi Kyiv dan pembebasan Kyiv muncul sebagai akibat dari kemenangan Tentara Merah atas Jerman dalam Pertempuran Kursk.

Bahkan sebelum selesai, arahan dari Markas Besar Komando Tertinggi telah ditandatangani, yang melibatkan serangan di hampir seluruh front Soviet-Jerman dengan penekanan pada arah barat daya.

Pasukan front yang beroperasi ke arah ini diberi tugas, setelah pembebasan Tepi Kiri Ukraina, untuk menyeberangi Dnieper dan merebut jembatan di tepi kanannya.

Pada bulan Agustus 1943, Pertempuran Dnieper dimulai, di mana pasukan Soviet berhasil merebut beberapa jembatan di tepi kanan SSR Ukraina. Yang paling penting adalah jembatan Bukrinsky dan Lyutezhsky, yang masing-masing terletak di tenggara dan utara Kyiv.

Namun, pasukan Soviet gagal membebaskan ibu kota SSR Ukraina saat bergerak.

BACA JUGA:Meningkat, Kelompok Eropa Tak Suka Putus Hubungan dengan Rusia dan Mengkritik Dukungan Terhadap Ukraina

BACA JUGA:Belanda Kirim 5 Pesawat Tempur F-16 ke Rumania untuk Latih Pilot Ukraina, Rusia: Itu Pesawat Tua Sampah

+ Kesulitan apa yang dihadapi pasukan Soviet pada awal operasi Kyiv?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: