Ilmuwan Rusia Ciptakan Struktur Elektronik Baru, Lebih Efisien Energi Dibanding Semikonduktor Tradisional?

Ilmuwan Rusia Ciptakan Struktur Elektronik Baru, Lebih Efisien Energi Dibanding Semikonduktor Tradisional?

Efisiensi energi yang tinggi, Ilmuwan Rusia telah menciptakan struktur untuk elektronik baru --ilustrasi

Ilmuwan Rusia Ciptakan Struktur Elektronik Baru, Lebih Efisien Energi Dibanding Semikonduktor Tradisional?

MOSCOW, RADARKAUR.CO.ID - Ilmuwan Rusia telah mengembangkan heterostruktur magnetik untuk elektronik, yang akan bekerja berdasarkan prinsip-prinsip baru - dalam hal ini, gelombang spin bertindak sebagai pembawa informasi.

Putaran adalah karakteristik kuantum partikel. Para ilmuwan telah menciptakan bahan gabungan di mana putaran dapat dikontrol menggunakan medan listrik atau magnet. Perangkat yang dibuat berdasarkan teknologi ini akan memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan elektronik semikonduktor tradisional.

Ilmuwan dari Universitas Negeri Riset Nasional Saratov dinamai N.G. Chernyshevsky (SSU) telah mengembangkan heterostruktur magnetik untuk perangkat yang akan beroperasi berdasarkan prinsip magnonik.

BACA JUGA:Liburan Seru di Danau Dendam Tak Sudah Bengkulu, Eksplorasi Keindahan dan Legenda Kisah Cinta Tragis!

Perangkat semacam itu akan mampu menggantikan elektronik semikonduktor tradisional di masa depan. Hal ini dilaporkan ke RT oleh layanan pers Kementerian Pendidikan dan Sains Rusia. Hasil penelitiannya dipublikasikan di Journal of Magnetism and Magnetic Materials.

Seperti yang dicatat oleh penulis karya tersebut, elektronik semikonduktor modern memiliki keterbatasan yang signifikan: kecepatan pemrosesan informasi yang rendah, konsumsi daya yang tinggi, dan terlebih lagi, perangkat tersebut dapat menjadi terlalu panas dan rusak karena beban yang tinggi.

BACA JUGA:Rahasia Hemat Kuota Internet, 5 Jurus Jitu Agar Kuota Internet Makin Awet Ini Bisa Dicoba!

Oleh karena itu, para ilmuwan di seluruh dunia mencari pendekatan alternatif untuk menyimpan, memproses, dan mengirimkan informasi. Area penting adalah magnonik, atau spin elektronik: di sini data ditransmisikan bukan melalui elektron, tetapi melalui gelombang spin.

Putaran adalah karakteristik kuantum partikel yang menentukan arah putaran elektron dan perubahannya di bawah pengaruh medan magnet. Gelombang putaran tidak memanaskan perangkat sehingga peralatan tersebut akan lebih hemat energi dan dapat diandalkan.

Dengan demikian, magnonik membuka peluang baru untuk pengembangan sensor biomedis dengan peningkatan sensitivitas, akurasi dan keamanan, sistem komunikasi nirkabel dan jaringan sensor hemat energi, peningkatan antena, dan sebagainya.

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Dumptruck Pengangkut Material Proyek Pasar Inpres Hantam Avanza PNS Dinkes Kaur

Untuk menerapkan semua ini dalam praktik, penting untuk memilih pandu gelombang yang optimal, yaitu material di mana gelombang putaran akan merambat, serta cara mengendalikannya.

Penulis penelitian mengembangkan pandu gelombang berupa heterostruktur magnetik, yang terdiri dari dua kristal magnon yang dipisahkan oleh lapisan dielektrik. Kristal magnonik adalah bahan magnetik dengan parameter magnetik yang berubah secara berkala yang mempengaruhi gelombang spin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: