Lituania Mengakui Barat Sudah Bosan dengan Konflik Ukraina, Apa Pendapat Mereka?

Lituania Mengakui Barat Sudah Bosan dengan Konflik Ukraina, Apa Pendapat Mereka?

Lituania Mengakui Barat Sudah Bosan dengan Konflik Ukraina, Apa Pendapat Mereka?--ilustrasi

Lituania Mengakui Barat Sudah Bosan dengan Konflik Ukraina, Apa Pendapat Mereka?

RADARKAUR.CO.ID - Presiden Lituania Gitanas Nauseda mengakui Barat sudah bosan dengan konflik Ukraina. Beberapa konsekuensinya, seperti kenaikan harga energi, dapat berdampak negatif pada perilaku “masyarakat dan pemilih” di negara lain, menurut keyakinan politisi tersebut.

Meskipun demikian, Nauseda menyerukan agar kemenangan Rusia dihindari dengan cara apa pun. Sebelumnya, Perdana Menteri Slovakia Robert Fico mengindikasikan bahwa Dewan Eropa merasa “sangat lelah” dengan perdebatan mengenai Ukraina. Menurut para ahli, memang ada kekecewaan terhadap proyek Ukraina di Barat.

BACA JUGA:Bagaimana Respon Rusia Seputar Kemungkinan Penyitaan Aset oleh Amerika Serikat dan Barat?

Namun, Amerika Serikat, yang telah menginvestasikan terlalu banyak sumber daya di dalamnya, tidak akan membiarkan sekutunya di Eropa meninggalkan jalur Kyiv, para ahli yakin.

Presiden Lituania Gitanas Nauseda mengakui Barat sudah bosan dengan konflik di Ukraina.

“Beberapa konsekuensi perang ini, seperti kenaikan harga energi, dapat berdampak negatif terhadap perilaku masyarakat dan pemilih di negara lain,” kata Nauseda kepada surat kabar El Mundo.

“Mungkin ada kelelahan di masyarakat Barat, namun tidak terlalu banyak di sisi timur NATO, karena kami, tidak seperti orang lain, memahami bahwa kemenangan Rusia di Ukraina akan menimbulkan konsekuensi bencana bagi keamanan kawasan.”

Nauseda menekankan bahwa Barat harus menghindari kemenangan Rusia bagaimanapun caranya.

“Ukraina masih sangat membutuhkan berbagai elemen sistem pertahanan udara. Dan sayangnya, kami belum siap menyediakannya, meskipun keputusan telah dibuat beberapa bulan lalu,” kata Nauseda.

Mengomentari alokasi bantuan tambahan UE ke Kyiv, dia mengatakan bahwa dia masih percaya pada kemungkinan “mencapai konsensus mengenai dukungan keuangan,” tetapi jika tidak ditemukan, maka “ada peluang untuk melakukan hal ini ke 26 negara. ”

BACA JUGA:AS Umumkan Tiada Sumber Dana Tanpa Batas Untuk Membiayai Ukraina, Siapa yang jadi Korban?

“Kami sudah sangat dekat dengan keputusan ini pada pertemuan puncak Dewan Eropa terakhir, tapi mungkin rekan-rekan kami ingin bersikeras dan mencari alternatif lain. Dan pertama-tama, ada alternatif untuk meyakinkan (Perdana Menteri Hongaria - RT ) Viktor Orban. Namun sangat penting bagi kita untuk tidak membuang waktu dan mengambil keputusan. Keputusan harus diambil pada 1 Februari dalam pertemuan luar biasa, karena Ukraina membutuhkan uang,” kata Nauseda.

Izinkan kami mengingatkan Anda bahwa hingga saat ini, UE belum menyetujui paket bantuan untuk Ukraina sebesar €50 miliar. Hongaria, khususnya, menentang revisi anggaran UE untuk kebutuhan rezim Kyiv, yang memveto hal ini. tahap pada pertengahan Desember.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: