Mengapa Harga Biji Kakao Mencapai Rekor Tertinggi di Pasar Dunia, Ini Penyebab Utamanya?

Mengapa Harga Biji Kakao Mencapai Rekor Tertinggi di Pasar Dunia, Ini Penyebab Utamanya?

Harga Biji Kakao Mencapai Rekor Tertinggi di Pasar Dunia, Apa Penyebab Utamanya?--ilustrasi

Mengapa Harga Biji Kakao Mencapai Rekor Tertinggi di Pasar Dunia, Ini Penyebab Utamanya?

MOSCOW, RADARKAUR.CO.ID - Selama setahun terakhir, harga biji kakao telah meningkat hingga mencapai rekor tertinggi di pasar dunia.

Harga satu ton bahan mentah ini meningkat lebih dari 80% dan pada akhir Januari melampaui $4,8 ribu – untuk pertama kalinya sejak musim panas 1977.

Para ahli mengaitkan dinamika ini dengan kekurangan produk secara global yang dilatarbelakangi oleh memburuknya kondisi cuaca dan menurunnya hasil panen di negara-negara pemasok utama Kakao yakni Pantai Gading dan Ghana.

BACA JUGA:EVOS Menandai Awal Tahun 2024 dengan Perayaan Parade Satu EVOS: Memasuki Era Baru!

BACA JUGA:NPC Office Umumkan Pembukaan Kantor Baru di Surabaya untuk Memperluas Layanan Bisnis Terpadu

Selain itu, menurut para analis, meningkatnya jumlah serangan terhadap kapal dagang di Laut Merah telah menyebabkan kenaikan tajam biaya transportasi laut, yang juga mempengaruhi harga dunia.

Keadaan saat ini juga dapat mempengaruhi harga coklat di Rusia, namun dampaknya akan terkendali, para ahli yakin.

Selama setahun terakhir, harga biji kakao dunia telah meningkat lebih dari 80% dan pada bulan Januari 2024 harga mencapai titik tertinggi dalam hampir setengah abad. Hal ini dibuktikan dengan data bursa internasional ICE.

Nilai puncak dicapai pada tanggal 25 Januari, ketika harga satu ton bahan mentah naik di atas $4,8 ribu. Sebelumnya, tingkat serupa dapat diamati pada musim panas 1977.

Kini harga telah sedikit disesuaikan dan berfluktuasi sekitar $4,7 ribu per ton. Namun, para analis tidak mengesampingkan gelombang kenaikan harga barang lainnya dalam waktu dekat.

BACA JUGA:Baywalk Mall Jakarta Rayakan Imlek Tahun Naga Kayu, Berikut Event Spektakuler yang Digelar

BACA JUGA:Whisnu Santika Bersiap Menggebrak Tomorrowland 2024 di Belgia dengan Alunan Indonesian Bounce

“Peningkatan tajam harga kakao dunia disebabkan oleh terus berlanjutnya kekurangan produk ini di pasar dunia dan peningkatan biaya transportasinya... Dalam kondisi ini, pada akhir tahun 2024, harga dapat meningkat sebesar 25 lagi -30%,” kata analis Freedom Finance Global kepada RT Vladimir Chernov.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: