PMJB Pagelaran Minggu Kliwonan, Tampilkan Kuda Kepang di Lapangan Merdeka

Senin 24-07-2023,08:59 WIB
Editor : Muhammad Isnaini

PMJB Pagelaran Minggu Kliwonan, Tampilkan Kuda Kepang di Lapangan Merdeka

KAUR, RADARKAUR.CO.ID - Persatuan Masyarakat Jawa Bengkulu (PMJB) Kabupaten Kaur menggelar pagelaran Minggu Kliwonan, Minggu 23 Juli 2023 di Lapangan Merdeka Kota Bintuhan.

Pada Pagelaran Minggu Kliwonan ini ditampilkan seni Kuda Kepang oleh Sanggar Kesenian Tresno Budoyo Desa Suka Jaya Kecamatan Nasal Kabupaten Kaur.

Ketua PMJB Kabupaten Kaur M. Rofiqun menyampaikan bahwa Pagelaran Minggu Kliwonan ini masih dalam rangka rangkaian Peringatan 1 Suro atau 1 Muharram dalam penanggalan Hijriyah.

BACA JUGA:Sangat Ringan, Senapan Mesin Pindad yang Tembakan 100 Munisi Beruntun

BACA JUGA:Pantas Disebut Kampung Miliarder, Seisi Kampung Orang Kaya Raya, Lokasinya di Atas Gunung Halimun

Momen itu sangat penting bagi umat Islam, khususnya Paguyuban Masyarakat Jawa Bengkulu (PMJB) Kabupaten Kaur.

"Tradisi ini sebagai rasa suka cita dalam menyambut tahun baru Islam dan memiliki makna yang mendalam dalam kehidupan masyarakat Jawa," kata perwira polisi berpangkat Inspektur Polisi Dua (Ipda) ini.

Disampaikannnya bahwa Kuda Kepang merupakan bentuk tari tradisional yang melibatkan penari yang berpakaian seperti prajurit berkuda.

Dimana penari menunggangi kuda-kudaan dari anyaman bambu atau bahan lain yang kemudian dimeriahkan dengan musik gamelan tradisional.

BACA JUGA:Viral, 5 Objek di Indonesia Ada dalam Anime Populer Jepang, Kebetulan atau Terinspirasi?

BACA JUGA:Plt Bupati Kaur Ingatkan Hak Suara Masyarakat di Pilkades Serentak 11 Desa Tak Terlewatkan

Melalui kegiatan ini, mereka tidak hanya mengawali tahun baru Islam dengan sukacita, tetapi juga mewariskan nilai-nilai luhur kepada generasi mendatang.

"Semoga tradisi ini terus hidup dan menjadi inspirasi bagi komunitas di seluruh Indonesia untuk melestarikan kekayaan budaya," tambahnya.

Plt Bupati Kaur Herlian Muchrim, ST dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa pagelaran minggu kliwonan kuda kepang yang digelar PMJB ini selain sebagai wadah silaturahmi masyarakat Jawa yang ada di Kabupaten Kaur.

Kategori :

Terpopuler