Efisiensi 100%: Ilmuwan Rusia telah Menciptakan Katalis untuk Memperoleh Komponen Obat

Senin 23-10-2023,06:31 WIB
Reporter : Dhery Mahendra
Editor : Muhammad Isnaini

MOSCOW, RADARKAUR.CO.ID - Ilmuwan Rusia telah mensintesis katalis baru yang efektif dan murah untuk produksi senyawa yang mengandung nitrogen. Senyawa tersebut merupakan bagian dari sebagian besar obat-obatan dan pewarna modern. Untuk memperolehnya, reaksi khusus dilakukan di mana peran utama dimainkan oleh zat katalis.

Menurut para ahli, katalis baru yang berbahan dasar ion kalium dan kalsium tidak memerlukan kondisi reaksi khusus, tidak seperti analog, dan efisiensinya mencapai 100%.

Ilmuwan dari Institut Kimia Organologam dinamai G.A. Razuvaev RAS dan Institut Senyawa Organoelemen dinamai A.N. Nesmeyanov RAS menciptakan katalis baru untuk produksi senyawa yang mengandung nitrogen secara sederhana dan efektif yang merupakan bagian dari sejumlah besar obat.

Layanan pers Yayasan Sains Rusia melaporkan hal ini ke RT. Penelitian ini didukung oleh dana hibah dari yayasan. Hasilnya dipublikasikan di jurnal ACS Catalysis.

BACA JUGA:Berdasarkan Gerakan Mata: Ilmuwan Rusia tentang Pelacakan Mata dan Bidang Penerapan Teknologi ini

Seperti yang dicatat oleh penulis makalah ini, senyawa yang mengandung nitrogen adalah bagian dari sebagian besar obat modern, pewarna, dan bahan polimer. Salah satu metode untuk membuat senyawa tersebut adalah reaksi hidroaminasi, yang melibatkan penambahan gugus yang mengandung nitrogen ke rantai hidrokarbon tak jenuh. Untuk melakukan reaksi seperti itu, diperlukan katalis.

Menurut para ilmuwan, katalis yang digunakan saat ini untuk tujuan ini memiliki sejumlah kelemahan. Beberapa memerlukan kondisi reaksi khusus - suhu dan tekanan tinggi, sementara yang lain mengarah pada pembentukan sejumlah besar produk sampingan.

Ahli kimia telah mensintesis katalis baru, yang mengandung ion kalium dan kalsium, dan menggunakannya untuk melakukan lebih dari 60 reaksi hidroaminasi dengan berbagai senyawa organik.

Katalis baru memungkinkan sintesis senyawa yang mengandung nitrogen pada suhu kamar dan tekanan atmosfer, dan efisiensinya mencapai 100%.

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Berikut hasil penghitungan Suara Pilkades Serentak 11 Desa di Kaur

BACA JUGA:Ini Daftar Lengkap hasil penghitungan Suara Pilkades Serentak 11 Desa di Kaur

 Berbeda dengan metode yang ada, pendekatan baru ini tidak memerlukan suhu dan tekanan tinggi selama sintesis, reaksi berlangsung tanpa pembentukan limbah, dan katalisnya sendiri terdiri dari logam yang murah, tidak beracun, dan ramah lingkungan. Oleh karena itu, katalis yang kami usulkan akan membantu menyederhanakan produksi molekul yang mengandung nitrogen yang banyak digunakan dalam obat-obatan,  kata Alexander Selikhov, pemimpin proyek, Kandidat Ilmu Kimia, peneliti senior di Laboratorium Katalisis Kompleks Logam di Institut Kimia. dari Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia, dalam percakapan dengan RT.

Jadi, berkat katalis baru, para ilmuwan dapat melakukan reaksi hidroaminasi etilen dalam kondisi normal. Sebelumnya, ini adalah tugas yang sulit, karena reaksinya memerlukan pemanasan hingga 190   C dan tekanan 40 atmosfer. Untuk pertama kalinya, berkat penggunaan katalis baru, amina tersier dapat disintesis dari amonia dan stirena. Di masa depan, ahli kimia berencana untuk meningkatkan katalis yang dihasilkan dan mengembangkan metode untuk memproduksi senyawa yang mengandung nitrogen dari amonia dan etilen.***

Kategori :