Kamu Baru Mudik Lebaran, Berikut 7 Tips Perawatan Motor Agar Tetap Prima

Kamu Baru Mudik Lebaran, Berikut 7 Tips Perawatan Motor Agar Tetap Prima

RADARKAUR CO ID Kamu yang tinggal jauh dari keluarga dan sanak saudara tentu tidak akan melewatkan libur Lebaran Idul Fitri 1443 hijriah tanpa mudik atau pulang kampung Moda transportasi sepeda motor banyak menjadi pilihan untuk mengatasi kemacetan di jalan raya Sehingga sepeda motor yang baru saja menempuh perjalanan jauh puluhan bahkan ratusan kilometer harus mendapatkan perawatan agar kembali prima untuk dipergunakan dalam aktivitas sehari hari Technical Service Division PT Astra Honda Motor AHM Endro Sutarno mengatakan pengecekan untuk sepeda motor setelah perjalanan jauh tidak semata mata hanya untuk menjaga performa sepeda motor untuk tetap optimal Namun juga dapat menjaga keselamatan pengendara dalam menggunakan sepeda motor kesayangannya Apabila memerlukan penggantian parts dan pengecekan lebih detail mekanik AHASS siap membantu menjaga performa sepeda motor Honda tetap prima katanya Nah buat kamu yang baru kembali dari perjalanan jauh agar sepeda motor kembali prima Berikut 7 tips perawatan motor yang diberikan oleh Technical Service Division PT Astra Honda Motor AHM 1 Mencuci Motor Langkah pertama kamu yang baru pulang dari perjalanan jauh harus mencuci terlebih dahulu sepeda mtor Karena sepeda motor yang baru dibawa perjalanan jauh akan banyak ditempeli debu kotoran bahkan lumpur Baik di body ataupun di area yang sulit terjangkau Seperti bagian mesin dan rangka Pencucian dimaksudkan supaya kotoran debu dan lumpur yang menempel tidak menjadi kerak yang dapat mengganggu performa mesin dan merusak bodi dan rangka Pertama Bilas seluruh bagian motor terlebih dahulu untuk merontokan kotoran kotoran yang menempel lalu usap seluruh bagian motor dengan sabun khusus sepeda motor dan spon lembut Untuk bagian yang sulit dijangkau dapat menggunakan sikat Setelah itu bilas kembali motor dengan air bersih dan lap hingga mengering BACA JUGA aMEIzing Promo Astra Motor Bengkulu Bulan Ini Rugi Kalau Dilewatkan 2 Ganti oli Tips kedua yakni dengan mengganti oli Penggantian oli dilakukan setelah menempuh perjalanan jauh untuk tetap menjaga performa sepeda motor tetap prima Untuk oli mesin direkomendasikan melakukan penggantian setiap 4 000 km atau sesuai dengan jadwal yang ada pada buku service Selain oli mesin oli yang perlu dicek juga adalah oli gear terutama di kendaraan bertransmisi matic Sementara untuk oli matic masa pergantiannya setiap 8 000 km per 2 tahun 3 Pengecekan Filter Udara Langkah berikutnya yakni dengan mengecek filter udara Karena dalam perjalanan jauh kemungkinan kondisi saringan udara akan kotor dan dipenuhi debu Saringan udara yang kotor akan menyebabkan tenaga sepeda motor menurun ditambah lagi terjadi pemborosan bahan bakar Oleh karena itu saringan udara perlu dibersihkan Akan tetapi jika filter udara kondisinya sangat kotor dan gantilah dengan yang baru untuk penggantiannya dilakukan setiap 12 000 km Pengecekan sebaiknya dilakukan lebih sering jika sepeda motor dikendarai di daerah yang basah atau berdebu 4 Pengecekan Busi Setelah itu lakukan pengecekan busi setiap 4 000 Km dan ganti setiap 8000 Km Jika busi masih dalam keadaan bagus lakukan pembersihan busi itu sendiri Akan tetapi bila ada sedikit saja indikasi busi motor mengalami kendala sebaiknya Anda menggantinya dengan busi original yang baru 5 Rem Tetap Berfungsi Normal Rem adalah faktor penting dalam sektor keselamatan berkendara Oleh karenanya pengendali kecepatan ini harus dicek dan dipastikan dalam kondisi bagus Intensitas pengereman yang tinggi pada saat melakukan perjalanan jauh membuat rem cepet haus Khususnya kampas rem yang mulai menipis Bila kampas rem sudah mulai terindikasi habis atau tipis maka segera ganti dengan yang baru Namun jika kondisi kampas rem masih bagus tetap perlu dibersihkan agar area pengereman terhindar dari kotoran atau pasir yang dapat menghambat proses pengereman 6 Cek Kondisi Ban Pemeriksaan secara rutin kondisi tekanan angin ban serta kondisi ban menjadi kunci dalam berkendara yang aman dan nyaman Ban yang sudah tipis karena habis terpakai dapat membahayakan bagi pengendara Secara petunjuk pemakaian cek kondisi ban setiap 4 000 KM jika kurang bagus dapat segera diganti dan tentunya dengan tekanan udara yang sesuai spesifikasi dari ban tersebut 7 Gear Sprocket dan Rantai Bagi kamu menggunakan tipe motor bertransmisi manual cek kondisi gear dan rantai apakah kendor atau terlalu kencang Rantai yang terlalu kendor atau kencang dapat merusak beberapa sistem gear serta membahayakan Sedangkan untuk kami menggunakan tipe matic dapat cek di bagian CVT dan V Belt Sementara lakukan pengecekan setiap 8 000 Km dan penggantian V Belt setiap 24 000 Km jika sudah masuk di waktu tersebut disarankan untuk segera diganti rls

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: