Libur Akhir Tahun tak Biasa? Coba ke 5 Wisata Sejarah Bengkulu

Libur Akhir Tahun tak Biasa? Coba ke 5 Wisata Sejarah Bengkulu

Libur Akhir tahun tak biasa, Istana Stamford Rafless.--Ilustrasi

4. Istana Stamford Rafless

Thomas Stamford Raffles adalah Gubernur terakhir Inggris di Bengkulu, ia mendiami istana gubernur bersama istri dan keluarganya.  

Istana Gubenur’ ini terletak sekitar 300 meter ke arah Utara Benteng Marlborough yang dihubungkan oleh Tugu Thomas Pare yang berdiri diantaran sisi bangunan istana.

Corak dari bangunan ini sangat kental dengan gaya bangunan Eropa. Pada bagian depan terdapat dinding yang tebal dan dibingkai oleh Jendela yang lebar menegaskan aksen Eropa yang kental. Tiang penyangga di bagian utama mengesankan kemegahan istana pemiliknya.  

Saat ini, Istana Stamford Raffles beralih fungsi menjadi rumah dinas Gubernur Bengkulu. Yang dijadikan sebagai lokasi untuk aktivitas Pemerintahan.  

Saat traveller singgah di kota Bengkulu wajib banget untuk menyambangi bangunan bersejarah yakni Istana Stamford Raffles  yang bernilai estetika tinggi.  

 

5. Monumen Thomas Parr

Menyambangi kota Bengkulu tidak lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke wisata sejarah Monumen Thomas Pare atau dikenal dengan ‘Kuburan Bulek’ oleh masyarakat Bengkulu karena bentuknya yang bulat.  

Monumen Thomas Parr adalah bangunan makam peninggalan Inggris yang berjarak sekitar 100 meter dari Benteng Marlborough. Tugu ini dibangun untuk menghormati sosok Thomas Parr yang meninggal ditangan rakyat Bengkulu.  

Memiliki luas 70 meter persegi dan tinggi 13,5 meter, wisata sejarah ini dibangun oleh pemerintah Inggris pada 1808. Letaknya pun sangat mudah diakses karena wisatawan dihubungkan secara langsung dengan wisata Fort Malborough, kemudian tugu Thomas Parr, Istana Gubernur dan pemakaman Inggris.  

Keistimewaan dari bangunan bersejarah di Kota Bengkulu ini ialah bangunan yang letaknya berdekatan. Sehingga wisatawan dapat menyambangi secara bergilir dalam sstu waktu.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: