Beralih ke CNG Harus Cermat, Berikut 13 Cara Pemasangan Konverter Kit BBG, Hindari Risiko Kecelakaan

Beralih ke CNG Harus Cermat, Berikut 13 Cara Pemasangan Konverter Kit BBG, Hindari Risiko Kecelakaan

Pindah ke CNG Harus Cermat, Berikut 13 Tata Cara Pemasangan Konverter Kit BBG, Hindari Risiko Kecelakaan--(dokumen/radarkaur.co.id)

JAKARTA, RADARKAUR.CO.ID - Peralihan penggunaan BBM ke Bahan Bakar Gas CNG curi perhatian. Selain itu, Pemerintah juga memprogramkan tahun 2027 Indonesia beralih ke bahan bakar pengganti yaitu CNG untuk segala jenis kendaraan transportasi. 

CNG adalah Compressed Natural Gas yang terbentuk melalui hasil ekstrak gas alam yang dikompresi melalui bejana dengan tekanan tinggi mulai dari 200 hingga 250 kg/cm2. Hasilnya, keluarlah Bahan Bakar pengganti (CNG) yang ramah lingkungan dengan kandungan karbon dioksida yang rendah. 

CNG dipasarkan dengan harga terjangkau yaitu mulai Rp3.100 saja. Sementara untuk membeli BBM Pertalite harus merogoh uang Rp10.000 untuk hitungan perliternya. Karena itu CNG dianggap sebagai bahan bakar pengganti paling. 

Selain ramah lingkungan, kelebihan lain penggunaan CNG sebagai bahan bakar pengganti untuk kendaraan juga menghasilkan proses pembakaran yang baik terutama untuk keamanan mesin.

BACA JUGA:2023 RUU ASN Disahkan, 6 Kategori Non ASN diangkat PNS? Menpan RB Bilangnya Begini! 

BACA JUGA:Harusnya Pertamax Turbo Bukan Pertalite, Jenis BBM Ini Dibutuhkan Menuju Indonesia NZE

Saat ini, sudah ada 59 titik stasiun pengisian CNG di Indonesia. Baik yang murni atau bercampur dengan lokasi pengisian BBM SPBU. 

Di Indonesia sendiri CNG sudah dikenalkan Kementerian Perindustrian sejak 2012. Sektor pengguna CNG tidak hanya berfokus pada kendaraan transportasi. Seperti diperhotelan Bali, Afiliasi Subholding Gas Pertamina yakni PT Pertagas Niaga sudah mulai beralih ke bahan bakar pengganti yaitu CNG. 

PT. Pertagas Niaga mulai mengoperasikan Stasiun pengisian CNG yang berlokasi di Terminal Mengwi, Badung, Bali mulai April 2022.  Perkembangan pengggunaan bahan bakar pengganti atau CNG hasilnya memuaskan, industri pariwisata Bali seperti Resto dan Cafe  mulai beralih menggunakan CNG

Seiring bertambahnya jumlah pengguna CNG, bahan bakar pengganti BBM ini mulai dipertanyakan bagaimana prosedur pemasangan tangki BBM beralih ke tabung Konverterter Kit. Selain itu, tingkat keamanannya juga mulai dipertanyakan.

BACA JUGA:Tok! Aturan Baru BBM berlaku 8 Hari Kedepan, 3 Jenis BBM Berubah Harga, Solar dan Pertalite naik daun?

BACA JUGA:Atalia Kamil Nikmati Pendap Khas Bengkulu, Pepes Talus Terenak dari Tanah Kelahiran Ibu Negara Fatmawati

Lantas, sejauh apa kualitas CNG yang dipercaya bisa melebihi BBM?

CNG yang terbentuk dari gas Metana (CH4) dan Etana (C2H6) yang dikompresi kedalam bejana tekanan tinggi mampu menghasilkan bahan bakar gas setara Pertamax Turbo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: