Pembangunan Jembatan Timbang di Kaur, Pemda Kaur-BS-Seluma Segera MoU

Pembangunan Jembatan Timbang di Kaur, Pemda Kaur-BS-Seluma Segera MoU

Pembangunan Jembatan Timbang di Kaur, Pemda Kaur-BS-Seluma Segera MoU --(dokumen/radarkaur.co.id)

JAKARTA, RADARKAUR.CO.ID - Pemerintah Daerah Kabupaten Kaur melalui Dinas Perhubungan melakukan kunjungan kerja ke Direktorat Prasarana Transportasi Jalan, Direktorat Jenderal Perhubungan Daerat Kementerian Perhubungan RI di Jakarta, Rabu 1 Maret 2023.

Hasil dari konsultasi terkait Pembangunan Jembatan Timbang dipastikan di wilayah Kabupaten Kaur. Jembatan Timbang ini akan melayani 3 wilayah meliputi Kabupaten Kaur, Kabupaten Bengkulu Selatan dan Kabupaten Seluma.

Pemda Kaur diminta agar segera menghibahkan tanah bersertifikat di lokasi yang akan dibangun.

Dalam kunjungan tersebut Kepala Dinas Perhubungan Dihan Bastari sebagai utusan dari Kabupaten Kaur disambut langsung oleh Kepala Subdit Jembatan Timbang Direkrorat Jenderal Perhubungan Darat, Heri dan Subdit Pengujian Kendaraan Bermotor Direktorat Lalu Lintas, Dirjen Perhubungan Darat, Yanto di Kantor Dirjen Prasarana Transportasi Jalan.

BACA JUGA:Bupati Kaur Terima Penghargaan Mendagri berupa Karya Bhakti Peduli Satpol PP

Kunjungan kerja itu menindaklanjuti hasil dari rapat koordinasi antar daerah meliputi  Kabupaten Seluma, Kabupaten Bengkulu Selatan, dan Kabupaten Kaur. Yakni tentang pelaksanaan penyelenggaraan pengembangan potensi daerah pada tanggal 14 Februari 2023 yang lalu.

"Setelah tanah dihibahkan, tahun 2024 mendatang akan dibuat DED -nya. Selanjutnya di tahun 2025 nanti kita akan dibangun fisiknya," jelas Heri. 

Sementara itu menanggapi hasil dari rakor antara kabupaten Seluma, Bengkulu Selatan dan kabupaten Kaur tentang kerja sama transportasi darat.

Subdit PKB mengatakan untuk mesin Pengujian Kendaraan bermotor (PKB)  sampai saat ini belum ada bantuan.

BACA JUGA:Jangan Salah! 6 Jenis Kurma Terbaik Cocok buat Berbuka Puasa Ramadhan

"Sebagai jalan keluarnya pihak - pihak yang bersangkutan bisa pinjam mesin uji fortable ke Balai Perhubungan Lampung - Bengkulu, atau melakukan kerjasama dengan kabupaten tetangga," ujar Yanto.

Sementara itu, penandatanganan MoU Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) antara Dinas Perhubungan Kaur, Seluma dan Dinas Perhubungan Bengkulu Selatan, akan dilaksanakan di Kota Manna pada tanggal 8 Maret 2023 mendatang.

Atau bertepatan dengan Hari Jadi Kabupaten Bengkulu Selatan, yang rencananya akan dilakukan oleh Kepala daerah masing - masing ( Bupati Kaur, Seluma dan Bupati Bengkulu Selatan ).

Berdasarkan kesepakatan dalam rakor, pembagian PAD sebesar 70 persen bagi yang mempunyai mesin penguji seperti kabupaten Seluma dan 30 persen bagi Kabupaten Kaur dan Bengkulu Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: