5 Rahasia Untuk Membantu Murid Anda Menghindari Kelelahan Belajar

5 Rahasia Untuk Membantu Murid Anda Menghindari Kelelahan Belajar

5 Rahasia Untuk Membantu Murid Anda Menghindari Kelelahan Belajar--(dokumen/radarkaur.co.id)

Coba terapkan teknologi baru untuk mengalahkan kebosanan dan menghidupkan suasana. Misalnya, Realitas Virtual dapat memberikan pengalaman belajar kontekstual dan mengalihkan pikiran siswa dari masalah mereka. 

Agar mereka lebih termotivasi, coba sisipkan fitur gamifikasi seperti sistem hadiah di game pembelajaran VR Anda. Pelajar Anda akan lebih banyak terlibat dalam proses tanpa tekanan dan tekanan dari lingkungan belajar tradisional.

Ajak mereka melatih konsentrasi dengan permainan dan gerakan ringan. Hal ini juga akan membantu mereka rehat sejenak dari beban pikiran. 

BACA JUGA:Link DANA Kaget 6 Maret Rp 50 Ribu Buat Jajan Hari Senin, Klik Link dan Ambil Hadiahnya!

3. Mendorong Keseimbangan Belajar-Hidup

Waktu pribadi memungkinkan kita untuk mengisi ulang dan bersantai. Siswa Anda juga perlu memiliki waktu untuk diri mereka sendiri, untuk bertemu dengan teman dan keluarga, fokus pada hobi mereka, dan beristirahat untuk pengalaman belajar yang menarik berikutnya. 

Tetapkan tugas yang tidak memakan banyak waktu untuk menghindari kewalahan. Buat rencana belajar untuk mereka yang memprioritaskan waktu pribadi sekaligus menjaga pengalaman belajar. 

Anda bahkan dapat meluncurkan perpustakaan microlearning yang memberi mereka kesempatan untuk menyegarkan ingatan mereka dan berkonsentrasi pada sub topik tertentu untuk meringankan beban kognitif.

4. Periksa Mereka Sesering Mungkin

Tidak semua orang mengasimilasi konten pembelajaran dengan cara yang sama. Jadi, biasakan untuk sering-sering memeriksa siswa Anda untuk mengetahui perkembangan mereka dan tawarkan dukungan yang dipersonalisasi, jika memungkinkan. 

BACA JUGA:Sarapan Apa Hari Ini? Berikut Resep Masak Nasi Kuning dan Nasi Uduk Super Maknyus!

Ini juga memungkinkan Anda mengukur tingkat stres mereka sehingga Anda dapat mendeteksi tanda-tanda kelelahan sejak dini. Selain itu, siswa Anda akan menghargai perhatian Anda dan lebih terbuka untuk mendiskusikan masalah pendidikan atau hambatan mereka di masa mendatang.

5. Tetapkan Hari Untuk Kegiatan Kelompok

Tetapkan satu hari setiap bulan, atau bahkan lebih sering lagi jika Anda melihat bahwa kejenuhan menjadi lazim, untuk melakukan kegiatan kelompok dengan siswa Anda. 

Anda bahkan dapat melakukan aktivitas virtual, seperti game memecahkan misteri dan aktivitas membangun tim. Ini tidak hanya memberi mereka kesempatan untuk beristirahat dari materi pelajaran, tetapi mereka juga dapat menjalin ikatan dengan teman sebayanya pada tingkat yang lebih bermakna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: