Prediksi Arus Mudik di Pelabuhan Merak Dalam Rangka Menjelang Hari Raya Idul Fitri

Prediksi Arus Mudik di Pelabuhan Merak Dalam Rangka Menjelang Hari Raya Idul Fitri

Prediksi Arus Mudik di Pelabuhan Merak Dalam Rangka Menjelang Hari Raya Idul Fitri --(dokumen/radarkaur.co.id)

RADARKAUR.CO.ID - Hari Raya Idul Fitri 1444 H hanya tinggal hitungan hari lagi. Seperti tahun-tahun sebelumnya, warga Indonesia yang merayakan Hari Raya Idul Fitri di kampung halaman mereka, biasanya melakukan arus mudik atau pulang ke kampung halaman di berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Sebagai salah satu pintu masuk menuju Pulau Jawa, Pelabuhan Merak di Banten diprediksi akan menjadi salah satu tempat yang paling sibuk selama periode arus mudik pada bulan April 2023.

Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, arus mudik di Pelabuhan Merak selalu meningkat tajam selama periode menjelang Hari Raya.

Pada tahun 2022, meskipun masih dalam situasi pandemi Covid-19, tercatat ada lebih dari 1,5 juta kendaraan yang melewati Pelabuhan Merak selama periode arus mudik dan arus balik, yang merupakan peningkatan signifikan dari tahun-tahun sebelumnya.

BACA JUGA:Tipu Anggota TNI, Honorer Dinkes Kaur Lebaran di Sel, Ini Modus yang Dilakukannya

BACA JUGA:Pasca Terjaring OTT Jaksa, Ini Status Hukum Oknum Kabid BKPSDM, 1 PNS dan 7 Tenaga PPPK Kesehatan Seluma

Meskipun demikian, prediksi untuk arus mudik di Pelabuhan Merak pada Hari Raya April 2023 ini agak sulit dilakukan karena faktor-faktor yang mempengaruhi.

Seperti situasi pandemi usai Covid-19 dan kebijakan pemerintah terkait larangan mudik. Namun, jika tidak ada larangan mudik seperti pada tahun 2022, kemungkinan besar Pelabuhan Merak akan menjadi tempat yang sangat ramai.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi prediksi arus mudik di Pelabuhan Merak. Pertama, faktor ekonomi dan sosial.

Meskipun pandemi Covid-19 masih berlangsung, namun tingkat keterbukaan ekonomi di Indonesia mulai meningkat dan sejumlah sektor usaha, seperti sektor pariwisata yang kembali beroperasi.

Hal ini bisa meningkatkan keinginan masyarakat untuk mudik dan menghabiskan waktu bersama keluarga.

BACA JUGA:5 Jenis Seafood ini Kuliner Favorit Masyarakat Indonesia, Cocok Disantap Bersama Sahabat dan Keluarga Besar

Kedua, faktor kebijakan pemerintah. Pada tahun 2022, pemerintah melarang mudik selama periode arus mudik, namun hal tersebut tidak berlaku pada tahun-tahun sebelumnya.

Jika pada tahun 2023, pemerintah tidak memberlakukan larangan mudik, kemungkinan besar arus mudik di Pelabuhan Merak akan meningkat drastis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: