4 Wilayah Terdingin di Pulau Sumatra: Nomor 2 dan 4 Healing Naik Gunung, Dekat Bengkulu?

4 Wilayah Terdingin di Pulau Sumatra: Nomor 2 dan 4 Healing Naik Gunung, Dekat Bengkulu?

Gunung Lauser--(dokumen/radarkaur.co.id)

RADARKAUR.CO.ID - Terungkap inilah top 4 wilayah terdingin di Pulau Sumatera. Daerah sebaran kecamatan, Kabupaten/kota provinsi tersebut terletak di wilayah dataran tinggi.

Selain, berada di dataran tinggi top 4 wilayah terdingin di Pulau Sumatera ini masih tertutup vegetasi yang terjaga dengan sangat baik. 

Padahal, rata-rata wilayah atau Provinsi di Pulau Sumatera beriklom tropis dengan tingkat suhu harian yang relatif tinggi. Sebut saja, Provinsi Bengkulu yang memiliki suhu puncak harian bisa mencapai 32 derajat celcius. 

Berbeda dengan wilayah-wilayah yang disebut sebagai daerah yang dingin. Eits, tapi daerah dingin ini ternyata menyimpan surga wisata alam yang sangat keren lho. 

 

Mengunjungi kota-kota yang dingin tidak akan bikin rugi. Karena, ada banyak wisata alam yang akan mengajakmu healing berinteraksi dengan alam. 

Berikut top 4  dan rekomendasi tempat wisata di wilayah terdingin:

1. Tangekon (Aceh)

Takengon menempati posisi pertama sebagai wilayah terdingin di pulau Sumatera. Berada di daerah dataran tinggi 1200 meter diatas permukaan laut, suhu minimum Takengon mencapai 14 derajat celcius. 

Suhu terdingin 14 derajat celcius biasanya terjadi di bulan Juni. Sementara, suhu terpanas tidak lebih dari 25 derajat celcius yang terjadi di bulan April. 

Meski demikian, Tangekon Aceh memiliki suhu rata-rata harian mencapai 23 derajat celcius. Berdasarkan data sensus penduduk tahun 2022 jumlah penduduk di wilayah Tengekon, Aceh Tengah sebanyak 219.744 jiwa. 

Liburan ke Tangekon yang terkenal sangat dingin, ada beberapa wisata yang bisa dikunjungi seperti  Danau Laut Tawar yang berada diantara kecamatan Laut Tawar, kecamatan Bebesen dan kecamatan Kebayakan. 

Serta, wisata Gua Puteri Pukes yang berada di Kecamatan Kebayakan dan Pantan Terong di Kecamatan Bebesen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: