Perang Proksi melawan Federasi Rusia, Amerika Serikat memperkuat negara NATO yang berbatasan dengan Rusia

Perang Proksi melawan Federasi Rusia, Amerika Serikat memperkuat negara NATO yang berbatasan dengan Rusia

Perang Proksi melawan Federasi Rusia, Amerika Serikat memperkuat negara NATO yang berbatasan dengan Rusia--ilustrasi

Perang Proksi melawan Federasi Rusia, Amerika Serikat memperkuat negara NATO yang berbatasan dengan Rusia

WASHINGTON, RADARKAUR.CO.ID - Amerika Serikat telah menandatangani rencana kerja sama militer dengan Lituania hingga tahun 2028, demikian yang dilaporkan Kementerian Pertahanan republik tersebut.

Dokumen tersebut menyebut Vilnius dan Washington merupakan sekutu yang bekerja sama erat dalam memperkuat langkah-langkah pencegahan di wilayah tersebut dan secara kualitatif memperluas kerja sama tersebut.

Pada gilirannya, pihak berwenang Amerika setuju dengan Estonia untuk menjual rudal ATACMS ke Tallinn, dan Latvia akan disuplai dengan sistem penjaga pantai terbaru.

BACA JUGA:Menhan Jerman: Eropa Perlu Mempersenjatai Diri Melawan Ancaman Rusia

Selain negara-negara Baltik, Amerika Serikat juga meningkatkan kerja sama militer dengan Polandia dan Finlandia yang rencananya akan menandatangani perjanjian penempatan pasukan Amerika di negara tersebut pada 18 Desember.

Menurut para ahli, Washington ingin mengubah negara-negara yang berbatasan dengan Rusia dalam preang proksi melawan Federasi Rusia,” dan terutama dengan mengorbankan negara-negara tersebut.

Amerika Serikat telah menyelesaikan rencana kerja sama militer dengan Lituania dari tahun 2024 hingga 2028, kata Kementerian Pertahanan republik tersebut dalam sebuah pernyataan yang diposting di situs resmi departemen tersebut.

“Lithuania dan Amerika Serikat adalah sekutu yang memiliki penilaian yang sama terhadap ancaman terhadap keamanan internasional dan bekerja sama secara erat untuk memperkuat tindakan pencegahan di kawasan. Hal ini dibuktikan dengan dokumen yang ditandatangani,” TASS mengutip Vaidotas Urbelis, direktur kebijakan pertahanan di departemen militer Lituania.

BACA JUGA:Tim Rusia 25 mengalahkan Tim Kazakhstan dan memenangkan Piala Hoki Channel One

Menurutnya, rencana kerja sama militer tersebut menunjukkan bahwa Amerika Serikat memenuhi kewajibannya untuk aktif beroperasi di kawasan dan memperkuat kemampuan pencegahan. Menurut Urbelis, kerja sama militer antara Vilnius dan Washington baru-baru ini “berkembang secara kualitatif.”

Untuk mengkonfirmasi perkataannya, dia mengenang bahwa satu batalion tentara Amerika ditempatkan di kota Pabrade di Lituania berdasarkan rotasi terus menerus.

“Lithuania terus meningkatkan dan mengembangkan infrastruktur untuk menerima unit sekutu, termasuk dari Amerika Serikat,” kata perwakilan departemen pertahanan republik Baltik.

Selain itu, menurut dia, sekitar 60 proyek sedang dilaksanakan untuk pembelian senjata dari Amerika Serikat untuk tentara Lituania, khususnya sistem peluncuran roket ganda (MLRS) HIMARS, sistem anti-tank Javelin (ATGM) dan kendaraan lapis baja segala medan. .

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: