4 Manfaat Bulu Hidung yang Perlu Diketahui, Jangan Dicabut atau Dipotong Terlalu Pendek, Simak Dampaknya!

4 Manfaat Bulu Hidung yang Perlu Diketahui, Jangan Dicabut atau Dipotong Terlalu Pendek, Simak Dampaknya!

4 Manfaat Bulu Hidung yang Perlu Diketahui, Jangan Dicabut atau Dipotong Terlalu Pendek, Simak Dampaknya!--ilustrasi

Mereka memiliki peran sebagai penyaring alami yang dapat menangkap debu, serbuk, dan kotoran lainnya sebelum mencapai saluran pernapasan.

Jadi, seiring dengan penjagaan kebersihan hidung, bulu hidung juga berperan sebagai pertahanan alami untuk memastikan udara yang masuk ke paru-paru tetap bersih dan bebas dari partikel-partikel berbahaya.

BACA JUGA:Universitas Indonesia Luncurkan Program Inovatif untuk Pemberdayaan Lansia: Menua dengan Sukses

2. Pertahankan Kelembaban

Bulu hidung bukan hanya penyaring tapi juga pelestari kelembaban di dalam hidungmu. Saat kamu bernapas, udara yang masuk akan mendapat kelembaban dari lendir yang dihasilkan oleh hidung.

Fungsi bulu hidung tak hanya sebatas itu, mereka membantu menyebarkan lendir secara merata di sepanjang saluran hidung. Ini sangat penting untuk menjaga agar hidung dan saluran pernapasan tetap lembap dan sehat.

3. Cegah Bakteri dan Virus Masuk Lebih Dalam

Bulu hidung bukan hanya sekadar penangkap debu, mereka juga berperan sebagai pertahanan pertama untuk mencegah bakteri dan virus masuk lebih dalam ke dalam tubuhmu.

Seolah menjadi garda terdepan, bulu hidung bertugas menjaga agar penyakit tidak mudah masuk dan menyelusup ke dalam sistem tubuh.

BACA JUGA:Yuk Traveling, Ini 3 Tips Membawa Kamera DSLR Saat Menjelajah Dunia, Jangan Lewatkan Setiap Momen Kenangan

4. Aktifkan Respon Bersin

Bulu hidung memiliki peran penting dalam merangsang respon bersin tubuhmu. Ketika kamu tiba-tiba bersin tanpa sebab yang jelas, sebenarnya itu adalah respon tubuh yang berusaha "membersihkan" hidung dari benda asing.

Bulu hidung turut berkontribusi dalam memicu respon bersin ini, seolah menjadi alarm alami yang memberi sinyal bahwa ada sesuatu yang perlu dikeluarkan dari hidungmu.

Jadi, mulai sekarang, jangan lagi diremehin manfaat bulu hidung, ya! Meskipun kadang-kadang bikin gatal atau nggak sengaja tercabut, mereka adalah pahlawan tak terlihat yang melindungi hidung kamu dari serbuan benda asing. Ingat, terima kasihlah pada bulu hidungmu!***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: