Bayi Terlelap Sepanjang Malam, 7 Tips Ampuh Agar si Kecil Cepat Tidur di Malam Hari

Bayi Terlelap Sepanjang Malam, 7 Tips Ampuh Agar si Kecil Cepat Tidur di Malam Hari

Bayi Terlelap Sepanjang Malam, 7 Tips Ampuh Aagar si Kecil Cepat Tidur di Malam Hari--ilustrasi

Jadi, meski akhir pekan atau libur, tetap usahakan agar waktu tidurnya tidak terlalu jauh berbeda.

Konsistensi juga berlaku untuk waktu bangun. Pastikan waktu bangunnya juga relatif sama setiap hari. Dengan begini, jam biologis tubuhnya akan terjaga dengan baik.

Jadikan ritual sebelum tidur sebagai pemicu bahwa sebentar lagi waktunya tidur. Misalnya, setiap malam sebelum tidur, kamu bisa membacakan buku atau menyanyikan lagu kecil.

Ini akan memberikan sinyal pada tubuhnya bahwa sebentar lagi waktu untuk beristirahat.

Meski di akhir pekan, upayakan agar jam tidur dan bangunnya tidak berbeda jauh dengan hari-hari biasa. Ini membantu tubuhnya tetap dalam ritme tidur yang baik.

BACA JUGA:Bagaimana Cara Berpetualang sambil Berwisata di Pusat Latihan Gajah Seblat Bengkulu? Simak Yuk Pengalaman Seru

5. Pijat Ringan Sebelum Tidur

Pertama-tama, siapkan minyak pijat yang lembut dan aman untuk kulit si kecil. Pastikan minyak tersebut sesuai dengan preferensi dan kondisi kulitnya. Minyak lavender atau chamomile bisa jadi pilihan yang menenangkan.

Ketika sudah siap, mulailah dengan pijatan lembut di punggung dan kaki si kecil. Gunakan gerakan melingkar dan tekanan yang ringan. Fokus pada area-area yang biasanya menumpuk ketegangan, seperti bahu dan punggung bagian bawah.

Gunakan gerakan pijat yang membuatnya merasa rileks. Misalnya, pijatan lembut dengan telapak tangan atau ujung jari yang mengikuti pola lembut. Hindari tekanan yang terlalu kuat agar si kecil tetap merasa nyaman.

Jika kamu tahu titik-titik yang sering menumpuk ketegangan, seperti leher atau bahu, fokuskan pijatan di area tersebut. Ini membantu meredakan ketegangan otot dan memberikan perasaan kenyamanan.

Pijatan juga bisa menjadi momen untuk menyertakan sentuhan kasih sayang. Sampaikan perasaan sayangmu lewat gerakan pijatan, atau sertakan beberapa kata lembut yang membuatnya merasa diayomi.

BACA JUGA:Zodiak Anti Drama, 5 Zodiak Ini Paling Jujur dan Gak Mau Berbohong! Sagitarius Rangking Teratas anti Berbohong

6. Kenali Tanda-tanda Kesiapan Tidur

Pahami tanda-tanda kesiapan tidur si kecil. Saat dia mengantuk, biasanya akan ada gerakan menggosok mata, menguap, atau merengek-rengek. Tangkap momennya dan siapkan untuk tidur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: