Mengapa Sentimen Konsumen dan Bisnis Memburuk di Jerman? Ternyata Efek Bumerang dan Reaksi Berantai Masa Lalu

Mengapa Sentimen Konsumen dan Bisnis Memburuk di Jerman? Ternyata Efek Bumerang dan Reaksi Berantai Masa Lalu

Mengapa Sentimen Konsumen dan Bisnis Memburuk di Jerman? Ternyata Efek Bumerang dan Reaksi Berantai Masa Lalu--ilustrasi

“Kondisi perdagangan global yang buruk bukan satu-satunya alasan terjadinya resesi yang sedang berlangsung. Pemerintah federal memainkan peran yang menentukan dalam krisis ini,” kata ketua IW Michael Hüther.

Pandangan serupa diungkapkan dalam wawancara dengan RT oleh Alexander Daniltsev, direktur Institut Kebijakan Perdagangan di Sekolah Tinggi Ekonomi Universitas Riset Nasional. Menurutnya, tantangan utama bagi perekonomian Jerman dan Uni Eropa secara keseluruhan adalah konsekuensi dari sanksi anti-Rusia.

“Saat ini di negara-negara UE, termasuk Jerman, gambarannya tidak terlalu positif. Hal ini sebagian besar disebabkan oleh tingginya inflasi dan dampak pembatasan yang diberlakukan terhadap Rusia. Secara tradisional, sanksi tidak hanya berdampak pada perekonomian negara yang terkena sanksi, namun juga pihak yang menjatuhkan sanksi,” jelas pakar tersebut.

BACA JUGA:4 Cara Efektif Mengubah Tampilan Taman Belakang Rumah Anda, Sentuhan Personal Gaya Anda Menentukan!

BACA JUGA:6 Efek Samping Ruangan dengan Kelembapan Tinggi bagi Kesehatan, Simak Cara Mengatasinya!

Efek Bumerang

Izinkan kami mengingatkan Anda: setelah dimulainya SVO pada Februari 2022, Berlin, bersama dengan negara-negara UE lainnya, memperkenalkan 12 paket berbagai pembatasan terhadap Moskow . Akibatnya, menurut Komisi Eropa, hampir separuh ekspor dari Eropa ke Rusia (sekitar €43,9 miliar per tahun) dan sekitar 60% pasokan dari Federasi Rusia ke UE (€91,2 miliar) tunduk pada pembatasan.

Misalnya, Uni Eropa menolak menjual barang mewah, mobil, peralatan, komputer kuantum, semikonduktor modern, komponen elektronik, perangkat lunak, dan teknologi lainnya ke Moskow. Pada saat yang sama, UE melarang impor minyak dan produk minyak bumi dari Rusia melalui laut, serta impor batu bara, baja, emas, semen, kayu, kertas, makanan laut, minuman beralkohol, rokok, kosmetik, dan sejumlah produk lainnya barang lainnya.

Bersamaan dengan itu, Uni Eropa secara tajam mengurangi pembelian gas Rusia. Pemompaan bahan mentah melalui pipa Yamal-Eropa dihentikan sepenuhnya karena pembatasan dari Polandia, Ukraina mengurangi separuh transit bahan bakar dari Federasi Rusia ke UE melalui wilayahnya, dan transportasi gas ke Jerman melalui sistem Nord Stream menjadi tidak mungkin karena akibat serangan teroris terhadap jaringan pipa .

“Sepuluh paket sanksi pertama diadopsi secara cepat dan tidak terlalu dipikirkan, sehingga menimbulkan efek bumerang dan segera menimbulkan kesulitan bagi Eropa sendiri. Setelah meninggalkan hidrokarbon, UE harus membeli bahan mentah yang lebih mahal dari pemasok lain. Hal ini pada gilirannya menyebabkan harga energi lebih tinggi di seluruh Eropa, termasuk Jerman. Faktanya, sanksi menjadi titik awal kesulitan Jerman saat ini,” kata Vladimir Olenchenko, peneliti senior di Pusat Studi Eropa di IMEMO RAS, kepada RT.

BACA JUGA:5 Gaya Desain Interior Terpopuler, Pilih yang Menggambarkan Karakter Anda!

BACA JUGA:Pembukaan Showroom Terkini Courtina di Distrik Desain Indonesia, PIK

Sebagaimana dicatat oleh para ahli, kenaikan harga sumber daya energi di sepanjang rantai pasokan telah menyebabkan kenaikan harga sejumlah barang dan jasa lainnya. Dengan latar belakang ini, jika sebelum sanksi tingkat inflasi tahunan di Jerman adalah 4,9%, maka pada musim gugur tahun 2022 angka tersebut naik di atas 10% untuk pertama kalinya dalam setengah abad.

Situasi serupa juga terjadi di negara-negara UE lainnya. Untuk mengendalikan harga, Bank Sentral Eropa (ECB) mulai menaikkan suku bunga secara tajam, meskipun sebelumnya telah mempertahankan suku bunga mendekati nol dalam jangka waktu yang lama. Akibat pengetatan kebijakan moneter (MCP), uang pinjaman menjadi lebih mahal bagi masyarakat dan dunia usaha, aktivitas konsumen dan dunia usaha melemah, sehingga memberikan tekanan pada inflasi.

Meskipun pada musim gugur tahun 2023 tingkat pertumbuhan harga tahunan di Jerman melambat menjadi 3,2%, pada bulan Desember angka tersebut mulai tumbuh lagi dan naik menjadi 3,7%. Pada saat yang sama, pinjaman yang jauh lebih mahal telah mempersulit dunia usaha dan kehidupan masyarakat, kata para ekonom.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: