Moms Perlu Tahu! 7 Penyebab Ulu Hati Terasa Sakit Saat Hamil dan Tips Cara Mengatasinya

Kamis 30-11-2023,15:06 WIB
Reporter : Ryen Meikendi
Editor : Redaksi

Salah satu musuh utama ibu hamil adalah si asam lambung yang suka naik. Ini bisa bikin ulu hati terasa pedih dan perih. Makanan berlemak atau pedas bisa jadi penyebabnya.

4. Gangguan Lambung dan Usus

Selama masa kehamilan, tubuhmu memang sedang berada dalam perjalanan ajaib yang penuh perubahan. Nah, ternyata, si kecil di dalam kandungan bisa mempengaruhi kesehatan sistem pencernaanmu juga. Jadi, nggak heran kalau lambung dan ususmu agak rewel.

Ketika si kecil makin besar, rahimnya bisa menekan organ-organ di sekitarnya, termasuk lambung dan usus. Akibatnya, kamu bisa mengalami gangguan pencernaan yang bisa menyebabkan sensasi tak nyaman, terutama di area ulu hati.

Jadi, kalau kamu merasakan sakit di ulu hati, mungkin ini adalah efek dari perjalanan luar biasa yang sedang dilalui oleh tubuhmu selama kehamilan.

Gimana cara mengatasi ulu hati yang sakit? Ini dia tipsnya, Moms!

BACA JUGA:Joe Biden Hancurkan Ekonomi AS, Tetapi Terus Berbohong dan Berpura-pura Semua Baik-Baik Saja

BACA JUGA:Rahasia PLN Listrik Pintar Terungkap! Cara Isi Token Listrik Agar Lebih Hemat

1. Jangan Begadang Terlalu Lama

Jangan remehkan kekuatan tidurmu, ya! Pastikan kamu memberikan tubuhmu cukup istirahat yang layak. Begadang terlalu lama bisa menjadi pemicu naiknya tingkat asam lambung.

Saat kamu kurang tidur, tubuh bisa merespon dengan memproduksi lebih banyak asam lambung dari biasanya, yang pada gilirannya bisa menyebabkan ketidaknyamanan di bagian ulu hati.

Jadi, daripada terus-terusan begadang, kenapa nggak memberikan dirimu kesempatan untuk istirahat yang cukup?

Selain membuat tubuhmu lebih bugar, tidur yang cukup juga bisa membantu menjaga keseimbangan asam lambung dan mencegah kemungkinan naiknya asam yang bisa bikin perutmu nggak nyaman.

2. Perhatikan Pola Makan

Jangan sampai asam lambung naik gara-gara pilihan makanan yang nggak cocok, ya! Hindari, deh, makanan-makanan pedas dan berlemak, dan juga yang punya potensi memicu naiknya asam lambung.

Pilihlah makanan yang lebih ringan dan mudah dicerna oleh perutmu.

Kategori :