Tips Mengelola Keuangan dan Kripto bagi Gen Z

Kamis 17-10-2024,07:56 WIB
Reporter : Bening Gita Pramesti
Editor : Muhammad Isnaini

- Hindari Utang Konsumtif: Jangan mengambil utang untuk pembelian yang tidak perlu atau hanya mengikuti keinginan sesaat.

- Merasa Nyaman untuk Tidak Terpengaruh Tren: Fokus pada kebutuhan dan hindari tekanan sosial untuk selalu mengikuti tren terbaru.

BACA JUGA:Panduan ESG untuk Bisnis di Indonesia

BACA JUGA:Vitalik Buterin Menjual Token MOODENG untuk Donasi Amal

- Selalu analisis kebutuhan vs keinginan sebelum membelanjakan uang anda: Pengeluaran untuk memenuhi gaya hidup jauh lebih besar daripada pengeluaran membeli barang-barang yang benar dibutuhkan.

Jadi dapat disimpulkan banyak uang yang dikeluarkan untuk membeli barang yang tidak memberikan manfaat yang sesungguhnya diperlukan.

- Tingkatkan Keterampilan Diri: Investasi pada keterampilan dan pendidikan dapat membantu meningkatkan pendapatan di masa depan tanpa perlu mengeluarkan banyak uang saat ini.

2. Tambah Penghasilan dengan Skill Baru

Di era digital, peluang untuk meningkatkan pendapatan sangat terbuka lebar.

Gen Z sering memanfaatkan kursus online untuk mempelajari keterampilan baru seperti coding, desain, atau menjadi virtual asisten.

BACA JUGA:Fidelity Ethereum Fund Mencatat Penarikan Harian Terbesar Sejak Peluncuran

BACA JUGA:Harga Terbaru Elpiji di Setiap Wilayah Berlaku Bulan Oktober 2024, Khusus LPG 5,5 Kg dan 12 Kg

Peluang pekerjaan freelance di platform daring memungkinkan mereka untuk meningkatkan pendapatan dan bahkan berpotensi menjadi karir utama di masa depan.

Terlebih lagi, kursus online dan proyek freelance dapat membuka pintu ke pekerjaan dengan bayaran lebih tinggi, termasuk dari klien internasional

3. Menambah Pengetahuan tentang Investasi

Investasi adalah cara yang baik untuk mengembangkan kekayaan jangka panjang.

Kategori :