5 Kuliner Indonesia yang Mendunia ala Food Traveller dan Sejarah Lengkapnya

5 Kuliner Indonesia yang Mendunia ala Food Traveller dan Sejarah Lengkapnya

Sate, Kuliner Indonesia yang mendunia ala Food Traveller. --Ilustrasi

Jangan lupa kalau makan rendang harus ada nasi padangnya juga, ya.  

Sejarah singkat Rendang:
Asal mula nama “rendang” berasal dari bahasa Minang yaitu randang. Randang mengacu pada teknik memasak yang disebut marandang, yaitu teknik memasak dan membalik makanan dalam waktu lama sehingga menjadi kering.

Proses lahirnya masakan Indonesia Rendang masuk karena proses akulturasi.  

Dihimpun dari berbagai sumber mengatakan bahwa rendang sudah ada pada abad ke-18, yakni rentang tahun 1771-1779, Menurut pengamatan yang membandingkan cara memasak kari asal India dan rendang asal Sumatra. Bahkan menurut Sutomo, melaporkan bahwa rendang sudah ditemukan pada abad ke-8 di Sumatra barat.

BACA JUGA:Food Traveller, 5 Rekomendasi Tempat Makan Terenak di Bengkulu, edisi Liburan Akhir Tahun!

BACA JUGA:Food Traveller!, Ini 3 Rekomendasi Tempat ‘Wisata Kuliner Malam’ di Bengkulu, Liburan Akhir Tahun

2. Sate  


Sate salah satu kuliner Indonesia yang mendunia tak kalah terkenal dari kuliner lain. Olahan daging yang dipotong-potong kecil, kemudian ditusuk memakai tusukan bambu, lalu dibakar bersama campuran kuah Sate. Sate ditemani ‘Lontong’ atau nasi yang sudah direbus sehingga rasanya seperti bubur namun kenyal dan berbentuk kotak-kotak kecil.  

Sate tak hanya diterima oleh masyarakat Indonesia, namun menjadi buruan Food Traveller dari Mancanegara yang datang ke Indonesia juga.  

Sate  masuk ke dalam 50 masakan yang terlezat dunia menurut media Internasional tahun 2017.  

Kata sate pun diperkirakan berasal dari bahasa Tamil, yaitu catai ‘daging’.  Sate pun makin berkembang di seluruh Indonesia. Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki menu sate yang khas.

Paling favorit sih, sate Kuah Kacang and Sate Padang.  

3.Nasi Goreng

Nah, kalau yang satu ini paling sering disebut turis asing saat mereka ditanyai ingin mencoba makanan Indonesia.  
Nasi goreng adalah masakan Indonesia yang unik, karena menggunakan bahan dasar nasi yang digoreng bersama bumbunya yang khas.  

Nasi Goreng adalah masakan ala rumahan yang kemudian banyak dijual di setiap wilayah Indonesia. Seperti masakan lainnya, kelezatan Nasi Goreng tidak bisa diragukan karena dipadukan dengan rempah-rempah khas Indonesia.

Nasi goreng juga diakui sebagai 50 makanan terlezat dunia versi Media Internasional 2017. Nah, yang membedakan nasi Goreng Indonesia dari negara asia lainnya yaitu dari segi peracikan bumbu. Bumbu yang dipakai ditambah kecap manis yang akan terasa gurih bersama pedasnya cabai Indonesia. Kemudian ditambah bawang goreng sebagai pelengkap yang membuat rasanya kian menggugah selera.  

4.Bakso Sapi


Bakso atau Baso adalah olahan daging berbentuk Bola yang disajikan bersama kuah sop khas Bakso, campuran mie dan perasa tambahan; kecap, saus, dan cabai pedas.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: