5 Kuliner Indonesia yang Mendunia ala Food Traveller dan Sejarah Lengkapnya

5 Kuliner Indonesia yang Mendunia ala Food Traveller dan Sejarah Lengkapnya

Sate, Kuliner Indonesia yang mendunia ala Food Traveller. --Ilustrasi

Bakso sendiri sangat disukai banyak kalangan, hingga terkenal sampai Mancanegara. Bakso adalah masakan Indonesia yang kaya manfaat, karena mengandung lemak dalam daging yang bermanfaat untuk penyimpanan energi dan tenaga.

Menurut sejarah  Bakso masuk ke Nusantara melalui para pedagang Tiongkok. Hal ini sesuai dengan penamaan ‘Bakso’ yang berasal dari kata ‘Bak-So’ yang mana dalam  Hokkien  artinya daging yang digiling.

Karena masyarakat Indonesia mayoritas muslim, lahirlah Bakso dengan olahan dari daging Sapi. Lalu, menyusul ke anak-anaknya Seperti; Bakso Ayam, Bakso Kambing, Bakso Kerbau, Bakso Aci, dll.  

Bakso bisa diterima oleh semua kalangan karena rasanya yang lezat. Food Traveller bisa mencobanya di banyak kedai Bakso yang ada diseluruh penjuru Indonesia. Bakso juga populer di negara Jiran dan Malaysia saking terkenalnya.  

5.Soto


Soto adalah masakan Indonesia yang terkenal hingga Mancanegara. Soto merupakan makanan seperti sop yang mengandalkan kaldu daging yang dipadukan dengan sayuran.  

Nah, biasanya soto memakai irisan kubis dan tauge atau toge yang mentah atau tidak dimasak. Sayuran ini menambah kesan segar saat menyantap lezatnya Soto.  

Soto adalah jenis masakan yang dibawa pertama kali oleh imigran cina sekitar Abad-19. Pertama kali populer di wilayah Semarang, Jawa Tengah. Soto berasal dari makanan China yang dalam dialek Hokkian Cau do, Jao To, atau Chau Tu, yang berarti ‘rerumputan’ atau ‘jeroan berempah’.

Sehingga Soto dikategorikan sebagai masakan Indonesia yang sehat. Pada tahun 2021 Soto masuk kedalam list masakan terlezat di dunia yang dipublikasin oleh New York Times.  

Soto memiliki banyak varian, diantaranya seperti soto Betawi, coto Makassar, soto ayam, soto sapi, Soto Padang hingga soto babat. Rekomended banget buat para food traveller yang masih bingung mau mencicipi soto jenis apa.

Nah, itu lima kuliner Indonesia yang mendunia yang wajib banget diketahui food traveller.*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: