Harusnya Pertamax Turbo Bukan Pertalite, Jenis BBM Ini Dibutuhkan Menuju Indonesia NZE

Harusnya Pertamax Turbo Bukan Pertalite, Jenis BBM Ini Dibutuhkan Menuju Indonesia NZE

Harusnya Pertamax Turbo Bukan Pertalite, Jenis BBM Ini Dibutuhkan Menuju Indonesia NZE.--Tangkapan Layar laman resmi ReforMiner Institute.

JAKARTA, RADARKAUR.CO.ID - Penghapusan 3 jenis BBM mulai 1 Januari 2023 belum terlalu memuaskan beberapa pihak termasuk DPR RI. 

Aturan Baru BBM semestinya juga mengatur soal kualitas BBM yang boleh beredar di Indonesia. Hal tu agar mencapai Indonesia Net Zero Emission (NZE) tahun 2060 tercapai.

Dikutif radarkaur.co.id dari CNBC, Ketua Komisi VII DPR RI Sugeng Suparwoto dalam Forum Transisi Energi, Kamis 22 Desember 2020 menyampaikan Indonesia saat ini masih menggunakan BBM beroktan rendah yakni RON 90 (Pertalite).

Semestinya, menurut Sugeng, Indonesia sudah mengedepankan standar EURO 4 yakni dengan menggunakan BBM sekelas Pertamax Turbo atau RON 98.

BACA JUGA:Tok! Aturan Baru BBM berlaku 8 Hari Kedepan, 3 Jenis BBM Berubah Harga, Solar dan Pertalite naik daun?

BACA JUGA:Simak Baik-Baik Syarat Tenaga Honorer Diangkat PNS Tanpa Tes, Tercantum Dalam RUU ASN!!

Pemakaian pertamax turbo dinilai lebih ramah lingkungan dan dapat menekan emisi gas rumah kaca. Sugeng juga berpendapat bahwa kedepan Indonesia masih akan mengalami ketergantungan dengan energi fosil.

"Penggunaan BBM di Indonesia emisinya tinggi sekali, dapat memantik penyakit. Untuk itu Kita kedepankan standar dengan EURO 4 dalam hal ini RON 98 atau BBM Turbo," kata Sugeng Suparwoto dikurif radarkaur.co.id dari CNBC, Jumat 23 Desember 2022.

Namun Sugeng tidak dapat menampik bahwa penggunaan BBM oktan rendah seperti Pertalite (RON 90) ditujukan untuk menjaga daya beli masyarakat.

Namun Sugeng meminta supaya pemerintah mendapatkan solusi agar mendapatkan BBM bersih setara Pertamax Turbo namun dengan harga terjangkau.

BACA JUGA:4 Kuliner Olahan Gurita Khas Kaur, Menu Kulineran dan Oleh-Oleh Liburan ke Bengkulu

BACA JUGA:Air Langkap Beach, Wisata Pantai Karang Sebening Kaca di Kaur Bengkulu, Kaya Spot Instagramable!

"Kita sadar bahwa Problemnya adalah daya beli masyarakat, sehingga hari ini BBM masih di dominasi oleh RON 90," tandas Sugeng.

Sementara itu, Aturan Baru BBM berlaku 8 hari kedepan. Mulai 1 Januari 2023 ada 3 jenis BBM dilarang beredar di wilayah Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: