DD 2023 di Penyandingan Fokus BUMDes

DD 2023 di Penyandingan Fokus BUMDes

Desa Penyandingan Kecamatan Kaur Tengah menggelar Musrenbangdes tahun 2023, beberapa hari lalu.--

KAUR, RADARKAUR.CO.ID - Pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Menjadi prioritas utama dalam pengalokasian Dana Desa (DD) Tahun 2023.

Di Desa Penyandingan Kaur Tengah. Keputusan ini disepakati dalam Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) tahun 2023, beberapa hari lalu.

Kades Penyandingan, Syopyan mengatakan, dalam rancangan yang saat ini pihaknya susun. Jenis BUMDes yang akan dikelola yakni penggemukan ayam broiler, atau ayam pedaging. Sebab dinilai memiliki prospek tinggi untuk berkembang cepat di Kabupaten Kaur.

"Dalam musyawarah, adik sanak di desa kami menilai, pembangunan sarana dan prasarana (Sarpras) dirasa telah cukup. Karenanya mereka meminta untuk tahun ini, anggaran DD difokuskan untuk program lain. Akhirnya disetujui untuk pengembangan BUMDes," ujar Kades Penyandingan, Senin (16/1).

BACA JUGA:Unik, Turnamen Berhadiah Ayam Broiler dan Sembako

BACA JUGA:Rt 07 Kelurahan Simpang Tiga Bangun Rabat Beton Swadaya

Lanjutnya, tingginya kebutuhan ayam pedaging oleh masyarakat Kaur. Serta belum banyak berdirinya usaha jenis ini di Bumi Se'ase Seijean. Diyakini Syopyan, BUMDes jenis ini memiliki peluang besar untuk berkembang.

Terkait persiapan BUMDes bidang penggemukan ayam broiler. Dikatakan Syopyan, saat ini pihaknya telah mendapat izin pemakaian salah satu kandang.

Milik salah seorang warga desa. Hal tersebut, tentunya dapat menghemat modal, dalam realisasi program tersebut.

"Sebesar apapun peluang yang ada. Bila tak dikelola secara tepat. Tentu akan sulit berkembang. Karenanya saat ini, fokus rencana yakni membekali ilmu bagi warga yang nanti mengemban amanah sebagai pengelola," ujar Syopyan.

BACA JUGA:4 Perades Penantian Berganti

BACA JUGA:Pilkades Belum Bisa Digelar, Masih Tunggu Petunjuk

"Mudah-mudahan berjalan sesuai rencana. Lalu ketika terealisasi, harapan kami BUMDes yang akan menjadi penopang perekonomian desa. Sehingga desa kami akan menjadi desa mandiri," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: