5 Hidangan Ikonik Ramadhan dari Berbagai Daerah di Indonesia

5 Hidangan Ikonik Ramadhan dari Berbagai Daerah di Indonesia

Bongko Kopyor - Gresik--(dokumen/radarkaur.co.id)

 3. Bongko Kopyor - Gresik

Sebagai takjil paling terkenal di Gresik, Jawa Timur, bongko kopyor bisa dengan mudah ditemukan di pinggir jalan raya hanya saat Ramadhan.

Makanan penutup yang nikmat ini terbuat dari sagu, nangka, roti tawar, kelapa muda, pisang, dan santan yang kemudian dibungkus dengan daun pisang lalu dikukus.

4. Bingka Kentang - Banjar

Kue lezat ini awalnya berasal dari Kalimantan Selatan , namun popularitasnya juga diakui di berbagai daerah di sekitar Kalimantan Timur.

Terbuat dari campuran kentang, tepung terigu, santan, susu cair, dan gula, bingka kentang adalah salah satu hidangan buka puasa favorit masyarakat setempat. Kue ini juga sering dibuat saat acara-acara khusus seperti pernikahan.

5. Barongko - Makassar

Barongko adalah masakan dari Makassar, Sulawesi Selatan. Rasanya yang manis dan gurih membuat hidangan ini cocok untuk berbuka puasa. Bahan yang digunakan untuk membuat barongko antara lain pisang, telur, santan, gula pasir, dan garam yang semuanya dihaluskan dan dicampur menjadi satu adonan. 

Setelah itu adonan dibungkus dengan daun pisang kemudian dikukus. Bagi yang suka berbuka puasa dengan makanan dingin, barongko bisa dimasukkan ke dalam kulkas terlebih dahulu dan bisa dikeluarkan saat berbuka puasa.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: