5 Bansos Ramadhan Cair Sampe 3 Jutaan, Lakukan 2 Langkah Berikut Jika Belum jadi Penerima Manfaat

5 Bansos Ramadhan Cair Sampe 3 Jutaan, Lakukan 2 Langkah Berikut Jika Belum jadi Penerima Manfaat

Bansos Anak Sekolah di Provinsi Bengkulu Rp225 Ribu sampai Rp 500 Ribu Segera Cair, Cek Nama Anak di daftar--(dokumen/radarkaur.co.id)

BENGKULU, RADARKAUR.CO.ID - Memasuki masa ramadhan segala keperluan jadi meningkat drastis. Nah, di bulan ramadhan ada Bansos yang bakalan cair sampe 3 jutaan.

Daftar Bansos Ramadhan cair Maret 2023 ini diantaranya Bansos PKH, BPNT, KIP, PBI-JK, BLT BBM.

Para penerima Bansos biasanya nama penerima manfaat terdaftar melalui Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). 

Namun, tidak perlu khawatir tidak bisa menerima Bansos Ramadhan cair Maret 2023. Sebab, masih ada cara lain yang bisa dilakukan hanya dengan login ke laman cekbansos.kemensos.go.ig. 

BACA JUGA:Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 1444 H, Kamis 23 Maret 2023

BACA JUGA:Ukur Peluang Lulus CPNS 2023 dengan Cara Menghitung Nilai CPNS SKD dan SKB, Pelajari Tips dan Triknya Berikut!

Keluarga atau kategori belum menjadi penerima manfaat Bansos PKH, BPNT, KIP, PBI-JK,  BLT BBM. Bisa melakukan pengusulan atau pengajuan untuk menjadi penerima manfaat selanjutnya. 

Pendaftar hanya perlu mengetahui cara mengusulkan Bansos Ramadhan lewat link cekbansos.kemensos.go.id. 

Informasi lebih pastinya mari kita cek jenis Bansos Ramadhan yang akan cair sepanjang periode Ramadhan 2023. 

Berikut daftar 5 Bansos Ramadhan:

1. Bansos Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan program Bansos untuk Ibu hamil, anak usia dini 0-6 tahun, penyandang disabilitas dan Lansia. Rincian dana bantuan untuk Lansia Rp 2,4 juta/tahun, sedangkan kategori lainnya memperoleh Rp 3 Juta/tahun. 

2. Bansos Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) merupakan jenis bantuan dalam upaya pemenuhan kebutuhan Pangan masyarakat rentan miskin. Nominal dana yang diberikan per triwulan Rp 600 ribu. 

3. Bansos Bantuan Langsung Tunai (BLT-BBM) merupakan bantuan yang diupayakan untuk melindungi daya beli masyarakat prasejahtera terhadap kenaikan harga secara global. Nominal yang diberikan yaitu Rp 600 ribu per tahap, sementara penerima BLT BBM hanya menerima sebanyak dua kali. 

4. Bansos PBI-JK (Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan) merupakan jenis bantuan dari hasil iuran BPJS Kesehatan dari Pemerintah. Penerima akan difasilitasi berobat secara gratis di Rumah Sakit. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: