Nyi Blorong Adalah Dewi Nawangwulan Istri Jaka Tarub, Sosok Panglima sekaligus Putri Kanjeng Ratu Kidul

Nyi Blorong Adalah Dewi Nawangwulan Istri Jaka Tarub, Sosok Panglima sekaligus Putri Kanjeng Ratu Kidul

Nyi Blorong Adalah Dewi Nawangwulan Istri Jaka Tarub, Sosok Panglima sekaligus Putri Kanjeng Ratu Kidul--(dokumen/radarkaur.co.id)

Salah satu pegiat sejarah dari Solo Societeit, Dani Saptoni menyebut jabatan panglima yang diberikan kepada Nyi Blorong merupakan kepercayaan dari masyarakat.

"Kalau dalam kultur Jawa di era Mataram ada tiga person yang menguasai laut Kidul yakni Kanjeng Ratu Kidul yang merupakan istri Panembahan Senopati dan raja-raja selanjutnya, kemudian patihnya Nyai Roro Kidul dan punya anak yang bernama Nyai Blorong," urainya.

"Kalau orang Jawa itu pantai selatan ada sebuah kerajaan, garis komandonya dipasang seperti ini Nyi blorong dipasangkan dengan status panglima. (Sosok) Ini yang paling sering muncul dan berhadapan dengan dunia manusia," imbuhnya.

Dani menyebut jika ada yang akan bertemu dengan Kanjeng Ratu Kidul maka nantinya akan bertemu dengan para bawahannya terlebih dahulu. Termasuk juga dengan Nyi Blorong.

BACA JUGA:Permohonan Maaf di Paripurna HUT ke 20 Kaur, Wabup Sampaikan Bupati Kaur Sakit 

BACA JUGA:Upacara HUT ke 20 tanpa Bupati Kaur, Wabup: Beliau Masih Dalam Pemulihan Sakit

Setelah melalui tahapan itu, jika diperkenankan maka baru bisa bertemu dengan Kanjeng Ratu Kidul.

"Di Parangkusumo, Parangtritis, yang menemui mereka bukan Kanjeng Ratu Kidul, tapi prajurit-prajuritnya dulu baru Nyi Roro Kidul," ucapnya.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kanjeng ratu kidul dalam perspektif islam jawa karangan kh muhammad sholikhin