10 Strategi Efektif Mencari Pekerjaan Setelah Wisuda Tanpa Harus Menganggur, Ini Bisa Kamu Coba!

10 Strategi Efektif Mencari Pekerjaan Setelah Wisuda Tanpa Harus Menganggur, Ini Bisa Kamu Coba!

10 Strategi Efektif Mencari Pekerjaan Setelah Wisuda Tanpa Harus Menganggur, Ini Bisa Kamu Coba!--ilustrasi

Biasanya, sebagian orang lebih banyak menggunakan LinkedIn untuk membuat profil  profesional dan mencari perusahaan yang sesuai dengan minat dan bakat mereka di aplikasi ini.

BACA JUGA:Ini 101 Daftar Terbaru Pinjol Resmi Terdaftar OJK per Oktober 2023, Masyarakat Diimbau Waspada

4. Jaringan Itu Penting

Pengetahuan dan jaringan adalah kunci kesuksesan. Bergabunglah dengan komunitas atau forum yang terkait dengan bidang Anda.

Semakin banyak orang yang Anda kenal, semakin besar kemungkinan Anda mendengar tawaran pekerjaan.

Sebab biasanya memang benar bahwa pemberi kerja sering kali tidak memberitakan tawaran pekerjaan yang mereka berikan melalui jejaring sosial atau media massa, namun hanya secara lisan.

5. Persiapan Wawancara

Saat mendapat panggilan wawancara, persiapkanlah sebaik mungkin. Pelajari tentang perusahaan tersebut, berlatihlah menjawab pertanyaan wawancara umum, dan ingatlah untuk berpakaian profesional.

Kamu tidak perlu  terlalu kaku dan tetaplah percaya diri. Namun kamu perlu untuk memahami batasan dan profesionalisme kamu di hadapan rekruter.

BACA JUGA:Pernah jadi Pedagang Sukses, Simak Cara Nabi Muhammad SAW Berbisnis

6. Jangan Takut untuk Magang

Jika Anda tidak memiliki pekerjaan tetap yang sesuai, Anda dapat mempertimbangkan untuk magang atau pekerjaan paruh waktu. Ini dapat menambah pengalaman Anda dan membangun koneksi.

Sebenarnya lebih baik jika Anda mendapatkan pekerjaan impian Anda, namun dengan magang hingga Anda bisa berbekal pengalaman dan koneksi, Anda akan memiliki peluang lebih tinggi untuk diterima di perusahaan yang Anda cari.

7. Pantang Menyerah

Proses pencarian kerja bisa jadi menantang. Anda mungkin  menghadapi penolakan, tetapi jangan pernah menyerah. Teruslah berusaha dan tingkatkan keterampilan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: