5 Kebiasaan Buruk Merusak Kolagen dan Elastin Dalam Kulit, Bikin Cepat Keriput dan Terlihat Lebih Tua

5 Kebiasaan Buruk Merusak Kolagen dan Elastin Dalam Kulit, Bikin Cepat Keriput dan Terlihat Lebih Tua

5 Kebiasaan Buruk Merusak Kolagen dan Elastin Dalam Kulit, Bikin Cepat Keriput dan Terlihat Lebih Tua--ilustrasi

Kolagen dan elastin itu seperti fondasi kulit yang membuatnya tetap kencang dan elastis. Ketika rokok merusak fondasi ini, akibatnya kulit bisa cepat kendur, keriput, dan bahkan muncul garis-garis halus.

Jadi, bukan hanya soal kesehatan, tapi juga soal penampilan. Kalau kamu ingin kulit yang tetap sehat dan terlihat muda, pertimbangkan serius buat berhenti merokok.

Ini adalah langkah besar menuju kulit yang lebih kencang dan bebas dari tanda-tanda penuaan dini.

3. Kurang Minum Air Putih

Kulit kita membutuhkan hidrasi yang cukup agar tetap terlihat segar dan terasa lembut. Salah satu asupan yang diperlukan kolagen dan elastin adalah air. Nah, ketika kita kurang minum air, kulit kita bisa menjadi kurang terhidrasi.

Hasilnya? Kulit jadi kering dan terasa kasar, dan ini bisa mempercepat proses penuaan dan meningkatkan risiko munculnya keriput.

BACA JUGA:7 Rahasia untuk Mendapatkan Perhatian Pria, Bikin Hati Pria Meleleh dan Penuh Cinta

BACA JUGA:5 Kelebihan Dimiliki Orang dengan Selera Humor yang Menyenangkan

Oleh karena itu, penting banget untuk memastikan kamu minum cukup air putih sepanjang hari agar kulitmu selalu dalam kondisi terbaiknya.

4. Diet yang Tidak Sehat

Makanan tinggi gula dan lemak jenuh bisa memengaruhi kualitas kulitmu. Diet yang kurang sehat bisa memicu peradangan dalam tubuh dan mengakibatkan kerusakan kulit.

Cobalah untuk makan lebih banyak buah, sayur, dan makanan yang kaya antioksidan buat kulit sehat. Sayuran dan buah-buahan merupakan nutrisi yang mengandung banyak kolagen dan elastin.

5. Kurang Tidur dan Stres yang Berkepanjangan

Tidur itu bukan hanya soal istirahat, tapi juga soal proses perbaikan tubuh dan peremajaan kulit. Saat kita tidur, tubuh bekerja keras memperbaiki sel-sel yang rusak, termasuk memproduksi kolagen dan elastin, yang menjaga kulit kita tetap kenyal dan bebas keriput.

BACA JUGA:6 Tips Ampuh Agar Gebetan Selalu Mengharapkan Kehadiranmu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: