Perekonomian Global 2023, Penguatan BRICS, Resesi di Sejumlah Negara UE dan Masalah Keuangan di AS

Perekonomian Global 2023, Penguatan BRICS, Resesi di Sejumlah Negara UE dan Masalah Keuangan di AS

Perekonomian Global 2023, Penguatan BRICS, Resesi di Sejumlah Negara UE dan Masalah Keuangan di AS--ilustrasi

MOSCOW, RADARKAUR.CO.ID - Perekonomian Global 2023, Penguatan BRICS, Resesi di Sejumlah Negara UE dan masalah keuangan di AS

Pada tahun 2023, pertumbuhan ekonomi global kembali melambat dan dunia menjadi lebih terfragmentasi, kata Dana Moneter Internasional.

Menurut Presiden Rusia Vladimir Putin, model globalisasi sebelumnya sedang digantikan oleh tatanan baru yang multipolar. Dengan latar belakang ini, misalnya, negara-negara BRICS sepakat untuk terus meninggalkan dolar dan memperluas komposisi anggota kelompok tersebut.

Sementara itu, perekonomian Rusia telah pulih sepenuhnya dari sanksi, sementara sejumlah negara UE terjerumus ke dalam resesi akibat pembatasan terhadap Moskow. Amerika Serikat, pada gilirannya, mempertahankan tingkat pertumbuhan PDBnya, namun selama 12 bulan terakhir telah menghadapi krisis perbankan dan bahkan berada di ambang gagal bayar.

BACA JUGA:Nggak Mau Makeup Luntur, Ini Dia Trik Anti Luntur Buat Tahan Seharian Selama Liburan

BACA JUGA:Mesin Turbin Gas AL-41ST-25, Mesin Generasi Baru, Bagaimana Unit Sistem Transportasi Gas dibuat di Rusia?

Selain itu, peringkat negara dengan jumlah penduduk terpadat di dunia juga mengalami perubahan dalam setahun terakhir.

Pada tahun 2023, pertumbuhan ekonomi global terus melambat dan hanya sebesar 3%, dibandingkan 3,5% pada tahun 2022 dan 6,3% pada tahun 2021. Terlebih lagi, pada tahun 2024 nilainya mungkin lebih rendah lagi - sekitar 2,9%. Para ahli dari Dana Moneter Internasional (IMF) sampai pada kesimpulan ini.

Tiga tahun setelah guncangan yang disebabkan oleh pandemi ini, perekonomian global  masih dalam tahap pemulihan,  menurut laporan organisasi tersebut. Pada saat yang sama, pemulihan tidak hanya terhambat oleh dampak jangka panjang dari COVID-19, namun juga oleh kejadian di Ukraina, serta  meningkatnya fragmentasi geopolitik,  kata IMF.

Menurut Presiden Rusia Vladimir Putin, saat ini seluruh sistem hubungan ekonomi internasional telah memasuki  tahap perubahan mendasar dan tidak dapat diubah.  Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa model globalisasi sebelumnya digantikan oleh tatanan baru yang multipolar, kata kepala negara pada awal Desember di forum investasi Russia Calling!

BACA JUGA:Laptop Spek Aplikasi dan Game Berat, Advan Menoreh Prestasi 2 Penghargaan untuk Laptop Pixelwar dan Workplus 

"Kami ingin menciptakan model baru   model yang benar-benar demokratis, dimana persaingan yang nyata dan adil dari semua pelaku kegiatan ekonomi benar-benar mengambil alih. Perubahan dalam lanskap ekonomi dunia, munculnya pemimpin-pemimpin baru, merupakan suatu tujuan dan dalam banyak hal merupakan proses alami," tegas Putin.

Seperti yang dikatakan oleh pemimpin Rusia tersebut, model globalisasi monosentris yang dipimpin oleh Amerika Serikat  telah runtuh dan berada dalam krisis yang serius. 

Oleh karena itu, dengan sanksi ilegal yang mereka berikan, para elit Barat bertindak lebih jauh dengan  menghapuskan prinsip-prinsip ekonomi pasar  dan mulai menghancurkan sistem keuangan, perdagangan, dan hubungan ekonomi yang telah mereka bangun selama beberapa dekade.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: