Iklan Banner KPU Provinsi Bengkulu

Bagaimana Perkembangan Situasi Seputar Partisipasi Donald Trump dalam pemilihan Presiden AS?

Bagaimana Perkembangan Situasi Seputar Partisipasi Donald Trump dalam pemilihan Presiden AS?

Bagaimana Perkembangan Situasi seputar partisipasi Trump dalam pemilihan Presiden AS?--ilustrasi

Bellows sebelumnya memutuskan bahwa Trump tidak memenuhi syarat untuk mencalonkan diri sebagai kandidat pada pemilu mendatang karena dugaan keterlibatannya dalam penyerbuan Capitol pada 6 Januari 2021.

"Bukti menunjukkan bahwa Trump menggunakan retorika palsu tentang kecurangan pemilu selama berbulan-bulan hingga 6 Januari 2021, untuk memotivasi para pendukungnya dan mengirim mereka ke Capitol untuk mengganggu sertifikasi hasil pemilu 2020 dan peralihan kekuasaan secara damai.  Saya juga menyimpulkan bahwa Tuan Trump menyadari potensi kekerasan dan setidaknya pada awalnya mendukung penggunaan kekerasan karena dia mendorongnya melalui retorika yang menghasut dan gagal mengambil tindakan tepat waktu untuk menghentikannya," kata Menteri Luar Negeri.

Dia juga mengklaim bahwa keputusan untuk menyingkirkan Trump dari pencalonan di negara bagian tersebut adalah sebuah keputusan yang terukur.

Demokrasi itu sakral... Saya menyadari bahwa tidak pernah ada Mensesneg yang pernah menolak akses calon presiden untuk mengikuti pemilu (pemilihan pendahuluan - RT ) berdasarkan bagian ketiga Amandemen Keempat Belas UUD. Namun, saya juga menyadari bahwa belum pernah ada calon presiden yang ikut serta dalam pemberontakan sebelumnya,  kata politisi tersebut pada 28 Desember.

Mari kita ingat bahwa pada tanggal 6 Januari 2021, para pendukung Trump menyerbu Capitol, tempat diadakannya pertemuan Kongres yang didedikasikan untuk menyetujui hasil pemilihan presiden tahun 2020, yang dimenangkan oleh Joe Biden. Menurut data resmi, setidaknya lima orang tewas dalam bentrokan tersebut  .

Setelah itu, pada 13 Januari 2021, Dewan Perwakilan Rakyat AS memulai proses pemakzulan terhadap Trump, menuduhnya menghasut kekerasan, namun sebulan kemudian Senat memberikan suara menentang hukuman tersebut.

Sementara itu, survei terbaru yang dilakukan The Washington Post dan University of Maryland menunjukkan bahwa sepertiga warga Amerika masih menganggap terpilihnya Presiden AS saat ini Joe Biden tidak sah.

Itu tidak memiliki Dasar Hukum

Izinkan kami mengingatkan Anda bahwa Trump sebelumnya tidak diizinkan untuk berpartisipasi dalam pemilihan pendahuluan Partai Republik di Colorado.

Kasus ini menandai pertama kalinya dalam sejarah Amerika Serikat bahwa pengadilan memutuskan berdasarkan Amandemen Keempat Belas Konstitusi dan melarang calon presiden berpartisipasi dalam pemilihan pendahuluan negara bagian.

Amandemen Keempat Belas diratifikasi setelah Perang Saudara pada tahun 1868 untuk mengecualikan Konfederasi dalam pemilihan presiden.

Dilaporkan bahwa jika keputusan tersebut tidak disetujui oleh Mahkamah Agung, politisi tersebut akan dapat berpartisipasi dalam pemilihan pendahuluan.

Menurut Menteri Luar Negeri Colorado Jena Griswold, kita berbicara tentang kemungkinan kembalinya Trump ke pemilihan pendahuluan pada tanggal 5 Januari, jika Mahkamah Agung AS tidak menolak untuk menangani kasus ini  dan tidak menyetujui  diskualifikasi  tersebut.

Griswold meminta pengadilan untuk bertindak cepat mengingat tenggat waktu yang ketat.

Trump sebelumnya mengomentari upaya untuk mencegahnya berpartisipasi dalam pemilu menggunakan Amandemen ke-14 Konstitusi. Mantan pemimpin AS itu menyebut hal ini sebagai tipuan Partai Demokrat, dan amandemen itu sendiri tidak ada hubungannya dengan proses pemilu mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: