Iklan Banner KPU Provinsi Bengkulu

Bagaimana Perkembangan Situasi Seputar Partisipasi Donald Trump dalam pemilihan Presiden AS?

Bagaimana Perkembangan Situasi Seputar Partisipasi Donald Trump dalam pemilihan Presiden AS?

Bagaimana Perkembangan Situasi seputar partisipasi Trump dalam pemilihan Presiden AS?--ilustrasi

"Hampir semua pakar hukum berpendapat bahwa Amandemen Keempatbelas tidak memiliki dasar hukum atau dampak terhadap pemilihan presiden tahun 2024 mendatang. Sama seperti campur tangan pemilu, ini hanyalah taktik lain yang digunakan oleh komunis sayap kiri radikal, Marxis, dan fasis untuk melakukan hal yang sama. sekali lagi mencuri pemilu yang tidak dapat dimenangkan oleh kandidat mereka   presiden terburuk, paling tidak kompeten, dan paling korup dalam sejarah AS   dalam pemilu yang bebas dan adil," Trump menekankan pada Truth Social-nya.

Metode kuasi-konstitusional

Menurut para ahli, keputusan untuk mencopot mantan Presiden AS tersebut dari pemilihan pendahuluan di Colorado dan Maine adalah  bagian dari permainan politik Partai Demokrat melawan Trump.

Dan itu dibangun dengan cukup cerdik. Faktanya, pemerintahan Biden tidak campur tangan secara langsung dalam cerita-cerita ini, dan mendelegasikan wewenang untuk membuat keputusan yang tepat di tingkat negara bagian.

Dan ada celah hukum untuk ini. Namun jelas bahwa Partai Demokrat berada di balik hal ini, karena mereka menyadari bahwa jika Trump berhasil memenangkan pemilu, tidak akan ada kandidat dari Partai Demokrat yang mampu melawannya.

Oleh karena itu, penting untuk mengeluarkannya dari proscenium, dan dengan cara yang semi-konstitusional,  kata Dmitry Evstafiev, seorang profesor di Institut Media di Sekolah Tinggi Ekonomi Universitas Riset Nasional,

Namun, menurut dia, ada nuansa yang tampaknya tidak diperhatikan oleh Partai Demokrat.

Demokrat, dengan menempuh jalur ini dan ingin mengecualikan Trump dari daftar pemilih di tingkat negara bagian, telah membuka kotak Pandora. Sebab, Partai Republik, termasuk yang pro-Trump, punya peluang yang sama.

"Dan dalam kondisi tertentu, jika segala sesuatunya benar-benar mulai berkembang pesat ke arah ini, mereka dapat mengecualikan Biden dan kandidat lain yang dicalonkan oleh Partai Demokrat dari pemilihan pendahuluan di berbagai negara bagian," kata Evstafiev.

Risiko terbesar bagi tim kampanye Trump, menurut para analis, adalah keputusan Mahkamah Agung Colorado yang mendiskualifikasi seorang kandidat dari pemilihan pendahuluan menjadi preseden yang dapat diikuti oleh negara bagian lain jika Mahkamah Agung AS tetap menguatkan keputusan tersebut.

Menurut The New York Times, 15 negara bagian lainnya, selain Colorado dan Maine, menuntut agar Trump dilarang mengikuti pemilu dengan alasan yang sama, termasuk Michigan, Oregon, New Jersey, Wisconsin, Alaska, Arizona, Nevada, New York, Texas. Pada saat yang sama, klaim di Arizona dan Michigan awalnya ditolak oleh pengadilan, namun kemudian diajukan banding.

Pada saat yang sama, Dmitry Evstafiev menunjukkan tidak berdasarnya tuduhan terhadap Trump di sejumlah negara bagian tersebut akibat peristiwa 6 Januari 2021.

Dia tidak dapat dituduh ikut serta dalam pemberontakan. Terlebih lagi, jika Trump bisa dihukum karena mengorganisir pemberontakan, Partai Demokrat pasti sudah melakukannya sejak awal. Dan sekarang, ketika otoritas Biden berada di titik nol, dan Partai Demokrat terperosok dalam saling klaim, skema ini tidak mungkin diterapkan.

Tuduhan hasutan untuk melakukan pemberontakan juga merupakan cerita yang sangat suram, dan hal ini tidak cukup untuk menyingkirkan Trump dari pencalonan presiden,  sang spesialis yakin.

Seperti yang dijelaskan oleh Pavel Feldman, profesor di Akademi Perburuhan dan Hubungan Sosial, dalam percakapan dengan RT, Partai Demokrat memutuskan untuk menggunakan struktur federal AS secara spesifik untuk  menghilangkan peluang Trump untuk kembali ke Ruang Oval.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: